6 Kreator Indonesia Raih YouTube Diamond Award

Date:

Share post:

6 Kreator Indonesia Raih YouTube Diamond Award
Feliciana Wienathan dan Randy Jusuf dari Google Indonesia, Willie Salim, Meicy Villia, Klara Tania, Nasya dan Suwandi Widjaja dari Google Indonesia pada acara YouTube Creator Diamond Award. (Foto: dok. Google Indonesia)

Raditya Dika, Meicy Villia (Vilmei), Nasya, Klara Tania, Willie Salim, dan Miauwaug baru-baru ini berhasil mencapai lebih dari 10 juta subscribers di YouTube. Ini menjadi sebuah pencapaian yang luar biasa dalam ekosistem YouTube di Indonesia.

Para kreator ini dikenal sebagai penghasil konten YouTube yang fokus pada video pendek di YouTube, Shorts. Mereka memiliki gaya khas dan selalu berhasil membuat video yang viral secara konsisten. Mereka juga telah menginvestasikan banyak waktu dan usaha untuk meraih kesuksesan di YouTube.

Baca juga:
* Tren Penelusuran Google Periode 21 – 24 November 2022 di Indonesia dan Seluruh Dunia

- Advertisement -

Salah satu kreator yang mencuri perhatian adalah Willie Salim, yang memulai perjalanan kreatifnya pada tahun 2021. Ia berhasil menciptakan berbagai konten yang unik dan menghibur. Willie merupakan putra daerah asal Toboali, Bangka, dan telah sukses melalui inovasi konten yang konsisten.

“YouTube memberikan kesempatan yang sama bagi semua masyarakat Indonesia di mana pun kita berada untuk belajar dan berkembang. Seperti saya, meski dari daerah namun akses untuk meraih sukses hadir dari YouTube.” ungkap Willie Salim dalam rilis yang genpi.id terima, Selasa (27/6/2023).

“Melalui YouTube, khususnya YouTube Shorts, saya berkesempatan untuk mengekspresikan bakat dan minat melalui konten yang telah saya hadirkan selama ini. Saya berharap dengan pencapaian saya hingga saat ini, saya bisa menginspirasi orang untuk lebih kreatif lagi,” Willie Salim menambahkan.

Selain Willie, Klara Tania juga merupakan salah satu kreator yang baru-baru ini meraih YouTube Diamond Creator Award. Klara menjelaskan, dirinya fokus dalam membuat video yang menarik, interaktif, dan menghibur, terutama dalam format video Shorts. Format ini, menurut Klara, sangat efektif dalam mendapatkan eksposur dan menarik jumlah subscriber.

- Advertisement -

“Saya juga menyukai fitur YouTube yang menempatkan tombol Subscribe di feed Shorts. Sehingga orang dapat langsung berlangganan jika menyukai video yang mereka tonton. Shorts juga membantu mengarahkan penonton ke video-videoku yang lebih panjang. Saya juga dapat menyematkan komentar untuk mengarahkan mereka menonton konten berdurasi lebih lama.” Klara memaparkan.

Setiap hari, orang Indonesia membuka YouTube untuk belajar hal baru, mengejar hobi dan minat, serta mencari komunitas yang sesuai dengan mereka. Menurut Datareportal 2022, rata-rata orang Indonesia menonton YouTube selama 26,4 jam per bulan menggunakan sistem operasi (OS) Android.

Bahkan, YouTube Shorts saat ini rata-rata ditonton lebih dari 30 miliar kali setiap harinya di seluruh dunia.

Di platform yang inklusif ini, mereka dapat menemukan beragam konten yang memperkaya budaya. Selain itu, dengan adanya kreator dari berbagai daerah, YouTube juga mencerminkan keberagaman Nusantara.

Communications Manager Google Indonesia, Feliciana Wienathan menjelaskan, Google Indonesia bangga melihat kreator lokal mencapai kesuksesan yang luar biasa di tengah persaingan global yang ketat. Ini adalah momen penting bagi ekosistem kreator di Indonesia, terutama YouTube Shorts. Bisa dilihat ada semakin banyak kreator multiformat yang mencapai kesuksesan di YouTube.

“Platform terbuka ini telah memberikan kesempatan kepada kreator Indonesia untuk terhubung dengan penonton baik di dalam negeri maupun di seluruh dunia, memungkinkan pembuat konten mengekspor budaya lokal secara instan ke lebih dari 2 miliar penonton di seluruh dunia.” ujar Feliciana.

Menurut Feliciana, keberhasilan para kreator ini telah menginspirasi banyak kreator lainnya untuk terus berkreasi di YouTube. YouTube bukan hanya menjadi ruang kelas terbesar di dunia, tetapi juga menjadi tempat bagi ribuan pengusaha kreatif di Indonesia yang meredefinisikan arti berbagi pengetahuan dan informasi untuk meraih kesuksesan, baik di komunitas perkotaan maupun pedesaan yang ramai.

Setiap orang memiliki kesempatan untuk membuat channel secara gratis dan berpotensi meraih kesuksesan. Ekonomi kreator di YouTube bukanlah sekadar angan-angan, tetapi nyata, signifikan, dan terus berkembang.

Pada tahun 2021, YouTube memberikan kontribusi sebesar 7,5 triliun rupiah terhadap PDB Indonesia dan mendukung penciptaan lebih dari 200 ribu lapangan pekerjaan penuh waktu.

“Semua memiliki kesempatan untuk membuat channel secara gratis dan memiliki potensi untuk meraih kesuksesan. Ekonomi kreator YouTube itu nyata, substansial, dan terus berkembang. Faktanya, di 2021, YouTube menyumbang 7,5 triliun rupiah terhadap PDB Indonesia dan juga mendukung penciptaan lebih dari 200 ribu pekerjaan penuh waktu.” ungkapnya.

Komunitas YouTube di Indonesia tumbuh dengan luar biasa. Google Indonesia, kata Feliciana, melihat spektrum kreator yang beragam di Indonesia yang menciptakan segala macam konten yang kaya dan berasal dari seluruh penjuru Indonesia.

Baca juga:
* Tab ‘Penawaran’ di Google Play Mudahkan Pengguna Temukan Promo

“Komunitas kreator Indonesia benar-benar menggunakan kekuatan suara yang mereka miliki, terus berbagi untuk satu sama lain, dan mendorong perubahan.” ia memuji.

“YouTube selalu percaya bahwa setiap individu harus dapat menemukan komunitas, mengatasi batasan, melampaui batas, dan berkumpul bersama dalam kepentingan dan passion yang sama. Kami akan terus memastikan komunitas kreator Indonesia dapat terus berkembang melalui berbagai inisiatif peningkatan keterampilan untuk channel-channel berbagai ukuran.” tutup Feliciana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Related articles

Menparekraf Apresiasi Investasi Pembangunan Amenitas Baru di Sekupang, Batam

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memberikan apresiasi terhadap industri...

Semarakkan Ramadan, GenPI Kota Dumai Gelar Kegiatan Amal

Minggu,31 Maret 2024 - Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Kota Dumai melaksanakan kegiatan berkah di bulan suci ramadan berupa...

Rayakan Ulang Tahun ke-7, Genpi Jateng Gelar Tasyakuran & Buka Puasa Bersama

Semarang, 23 Maret 2024. Generasi Pesona Indonesia Jawa Tengah menggelar kegiatan Tasyakuran dalam memperingati hari jadi Genpi Jateng...

The thrill of white water rafting on the Alas River with Ketambe Adventure | Ketambe Adventure

Ketambe Adventure - Alas River (Lawe Alas) is a river located in Aceh and is the longest river...