Angkasa Pura Hotel dan PT DI Kembangkan Wisata Edukasi Kedirgantaraan

Date:

Share post:

PT Angkasa Pura Hotel dan PT Dirgantara Indonesia Kembangkan Bisnis Wisata Edukasi Kedirgantaraan
Penandatanganan dokumen MoU antara PT Angkasa Pura Hotel dan PT Dirgantara Indonesia, Kembangkan Bisnis Wisata Edukasi Kedirgantaraan, di Bandung, Jumat (21/1/2022). (Foto: AP I)

PT Dirgantara Indonesia (PT DI) dan PT Angkasa Pura Hotel melakukan kerjasama di luar sektor kebandarudaraan. Rencananya kedua badan usaha ini akan mengelola fasilitas layanan wisata edukasi kedirgantaraan dan pendukungnya di area PT DI.

Penandatanganan dokumen memorandum of understanding (MOU) atau nota kesepahaman dilakukan oleh Direktur Produksi PTDI Batara Silaban dan Plt. Direktur Utama PT Angkasa Pura Hotel Riko Hendrawan, di Ruang Rapat Paripurna, Lantai 9, Gedung Pusat Manajemen PTDI, Bandung, Jumat (21/1/2022).

Baca juga:
* Wings Air Terbangi Rute Semarang Pontianak

- Advertisement -

Turut menyaksikan penandatanganan tersebut Direktur Utama PT DI Elfien Goentoro dan Komisaris Utama PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero), Triawan Munaf.

Dalam kerja sama tersebut PT Angkasa Pura Hotel dan PT DI akan melakukan beberap hal. Antara lain; penyediaan dan pengelolaan sarana transportasi pendukung layanan wisata.

Lalu menyediakan dan mengelola fasilitas pendukung berupa food & beverage, merchandise, pendamping wisata, paket wisata, fasilitas wisata.

Serta pembangunan dan pemeliharaan aset tertentu yang digunakan sebagai fasilitas obyek wisata.

- Advertisement -

Plt Dirut PT Angkasa Pura Hotel, Riko Hendrawan mengharapkan kerjasama ini bisa terealisasi dan terlaksana.

“Kami harap komitmen yang telah dibuat dapat terealisasi dan terlaksana sesuai target yang diharapkan,” Kata Riko Hendrawan.

“Dampaknya bisa dirasakan oleh ekosistem pariwisata dan masyarakat pada umumnya. Serta dapat membantu membangkitkan sektor pariwisata,” imbuhnya.

Senadang dengan Riko Hendrawan, Direktur Produksi PT DI, Batara Silaban berharap kerja sama tersebut bisa memberi manfaat bagi masyarakat.

“Diharapkan nantinya layanan wisata edukasi ini dapat memberikan ilmu dan manfaat bagi masyarakat, terutama tentang sejarah dan teknologi kedirgantaraan di Indonesia,” ujar Batara Silaban.

Kerjasama ini bagi kedua pihak merupakan diverisifikasi usaha di luar sektor nonaeronautika.

Memanfaatkan fasilitas yang ada dengan konsep memfasilitasi masyarakat yang ingin mengetahui lebih dalam tentang satu-satunya industri pesawat terbang di kawasan Asia Tenggara.

Dilansir dari jabarprov.go.id, PT DI akan menyiapkan simulator pengendalian pesawat. Sehingga pengunjung dapat merasakan sensasi mengendalikan pesawat seperti seorang pilot sungguhan.

Juga akan menyuguhkan beragam merchandise yang bisa dibeli pengunjung.

Menjadi catatan adalah, area produksi PT DI berada di wilayah kawasan berikat TNI AU dan Bandara Internasional Husein Sastranegara.

Untuk itu PT DI dan PT Angkasa Pura Hotel akan tetap menerapkan level keamanan tertentu di area tersebut.

Mengembangkan wisata edukasi menjadi terobosan dan tantangan baru bagi PT DI dan PT Angkasa Pura/AP I (persero) melalui anak perusahaannya Angkasa Pura Hotel.

Baca juga:
* Free Fire World Series 2022 Akan Digelar di Pulau Sentosa, Singapura

Direktur Pemasaran dan Pelayanan AP I Devy Suradji, yang juga Komisaris Utama Angkasa Pura Hotel mengatakan, kerjasa ini bisa menjadi langkah awal bagi kedua belah pihak dalam mengembangkan ekonomi kreatif.

“Pembentukan destinasi wisata kedirgantaraan ini dapat menciptakan ekosistem pariwisata baru. Serta mendukung program pemerintah membangkitkan sektor pariwisata,” Pungkas Devy Suradji.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Related articles

Peringati Hari Peduli Sampah Nasional, GenPI Bitung Gelar Aksi Bersih-Bersih Perairan Selat Lembeh

BITUNG - Hari Peduli Sampah Nasional, yang diperingati setiap 21 Februari, merupakan momen penting bagi masyarakat Indonesia. Tujuan...

Cara Menabung di Bank Digital untuk Dana Traveling

Menabung untuk traveling adalah salah satu langkah penting dalam perencanaan perjalanan yang sukses. Menabung terlebih dahulu untuk biaya perjalanan...

Menparekraf Mendukung Kesuksesan Global Game Jam Indonesia dengan 126 Karya Game Digital

Jakarta, 29 Januari 2024 - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin...

Seabourn Encore Kembali Bersandar di Pelabuhan CT-3 BPKSAntusias Pelaku Wisata Semakin menggeliat di Kawasan Sabang

Kapal pesiar mewah dengan panjang 179.76 meter tersebut kembali singgah di Pelabuhan CT-3 BPKS. Seabourn Encore yang dinakhodai...