Bawa 124 Wisman, Kapal Pesiar MV Ocean Odissey Singgah di Tanjung Emas Semarang

Date:

Share post:

kapal pesiar MV Ocean Odissey Merapat di Tanjung Emas Semarang - Vega Viditama
Kapal Pesiar MV Ocean Odissey saat bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. (Foto: Vega Viditama)

Suasana pintu kedatangan di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang terlihat meriah pada hari Selasa (31/01/2023) pagi. Beberapa petugas melakukan persiapan di beberapa titik. Mulai dari memasang dan memeriksa sound system dan menata gamelan. Tampak juga petugas dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjung Emas Semarang, Pelindo, Polairud dan juga dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang.

Persiapan yang meriah ini untuk menyambut kapal pesiar yang pagi akan berlabuh di Tanjung Emas, Semarang.

Baca juga:
* Disporapar Jateng Gelar Atraksi Wisata di Gerbang Gajah Kembanglimus

- Advertisement -

Pukul 7 pagi, tampak di horison sebuah kapal pesiar mendekati pelabuhan. Dengan dipandu beberapa kapal tunda. Tepat pukul 8 pagi, kapal pesiar MV Ocean Odissey melakukan lego jangkar. Saat merapat, terlihat para penumpang melambaikan tangan, memberi salam kepada seluruh petugas yang menyambut.

Kapal M/V Ocean Odissey adalah kapal pesiar berukuran sedang yang memiliki panjang 104 meter dan berbobot 7.400 ton. Kapal pesiar buatan tahun 2022 ini berbendera Bahama.

Pada tanggal 27 Januari laoleh lu, kapal ini bertolak dari Kumai. Pada Senin (30/01) kemarin, sempat berlabuh di Karimunjawa.

Berdasar data yang diperoleh dari Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan ( KSOP)  kelas 1 Tanjung Emas Semarang, kapal ini memiliki kru sebanyak 81 orang dan memuat 124 penumpang dengan kebangsaan terbanyak dari Amerika Serikat.

- Advertisement -
kapal pesiar MV Ocean Odissey Merapat di Tanjung Emas Semarang - Vega Viditama -  2.jpg
(Foto: Vega Viditama)

Para penumpang kapal pesiar sangat senang bisa berwisata di Jawa Tengah. Hal ini ditunjukkan dengan tak sabarnya mereka turun dan ikut menari bersama penari-penari yang menyambut.

Para penari menampilkan kesenian Reog Ponorogo yang dibawakan oleh sanggar Singo Wahyu Wijoyo di bawah pimpinan Toeloes Budi, yang dibina oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang.

Baca juga:
* Tour de Borobudur 2022 Suguhkan Tantangan dan Keindahan New Selo

Kapten kapal yang turun terakhir juga disambut dengan pengalungan bunga dan pemberian cinderamata. Kabid kesenian Deasy Ismalia dan  Kabid Industri Pariwisata Yudha Bhakti Diliawan yang menyambutnya.

Selanjutnya para penumpang MV Ocean Odyssey yang turun dari kapal, berwisata ke Candi Borobudur menggunakan bus pariwisata.

* Teks dan Foto: Vega Viditama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Related articles

Cara Menabung di Bank Digital untuk Dana Traveling

Menabung untuk traveling adalah salah satu langkah penting dalam perencanaan perjalanan yang sukses. Menabung terlebih dahulu untuk biaya perjalanan...

Menparekraf Mendukung Kesuksesan Global Game Jam Indonesia dengan 126 Karya Game Digital

Jakarta, 29 Januari 2024 - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin...

Seabourn Encore Kembali Bersandar di Pelabuhan CT-3 BPKSAntusias Pelaku Wisata Semakin menggeliat di Kawasan Sabang

Kapal pesiar mewah dengan panjang 179.76 meter tersebut kembali singgah di Pelabuhan CT-3 BPKS. Seabourn Encore yang dinakhodai...

Awal Desember 2023 Azamara Journey Hadir di Kawasan Sabang

Sabang | Hingga 2 Desember 2023 tercatat sudah 6 Kapal Pesiar sudah menyinggahi Kota Sabang yakni MS. Coral...