Bertemu Tim JALIN, Komunitas di Semarang Siap Gaspol!

Date:

Share post:

JALIN Komunitas Kota Semarang 1
Foto bersama sesuai diskusi bersama Tim Jalin. (Foto: Miftahudin Mulfi/ Tim Jalin)

Tim JALIN kembali melanjutkan perjalanan menuju Semarang tepatnya di Kota Lama. Sekaligus bertemu dan berdiskusi dengan sejumlah komunitas yang ada di kota tersebut hari Rabu (03/03) kemarin.

Bersama dengan GenPI Jawa Tengah, Tim JALIN berkeliling menikmati keindahan Kota Lama. Setelahnya dilanjutkan dengan acara diskusi bertempat di Javara Culture Kota Lama, Semarang

Diskusi dihadiri oleh Komunitas Denok Kenang Semarang, Karang Taruna kota Semarang, komunitas fotografer, komunitas Blogger Semarang, Komunitas Sketchwalk Semarang, GenPI Jawa Tengah dan GenPI Semarang.

- Advertisement -

Baca juga:
* Kumpul di The Hallway Space, GenPI Ajak Komunitas Bandung Gaungkan Berwisata #DiIndonesiaAja

Fotografer Semarang dan pengamat pariwisata Vega Viditama sangat bersyukur Kota Semarang masuk dalam jadwal tim JALIN.

“Kami senang sekali Tim JALIN menjadikan Kota Semarang sebagai salah satu tujuan trip. Bisa turut membantu mengangkat keindahan Kota Lama Semarang,” ujar Vega, Kamis (03/03/2022)

“Tentunya ini (JALIN) harus disiarkan kemana-mana. Agar ketika pandemi berakhir, turis bisa membelanjakan uangnya di Indonesia, khususnya di Semarang,” kata Vega.

- Advertisement -
JALIN Komunitas Kota Semarang 3.
Tim JALIN, GenPI Kedungsepur Semarang, GenPI Jateng, dan Komunitas Foto, foto-foto di salah satu spot ikonik di Kota Lama Semarang. (Foto: Andik Hermawan)

Ketua GenPI Kedungsepur (GenPI Semarang) Zain Kagawa turut menyambut baik kehadiran Tim Jalin. Baginya ini merupakan sebuah kehormatan bisa mengajak tim berwisata di kotanya.

“Kota Semarang memiliki banyak destinasi wisata ikonik. Hari ini kita berkunjung ke Kota Lama, jejak peninggalan masa kolonial di Semarang,” Ujar Zain.

Selain itu, tambah Zain, Semarang memiliki Kelenteng Sam Poo Kong, Lawang Sewu, Kampung Bati, dan masih banyak lagi.

“Dan yang baru buka adalah Museum Kota Lama. Museum ini menyuguhkan perkembangan atau sejarah Kota Semarang. Museum ini museum berteknologi imersif pertama di Indonesia,” Imbuhnya.

“Semoga dengan kunjungan ini, tim JALIN turut mempromosikan destinasi wisata Semarang,” Tutup Zain.

Koordinator Tim JALIN, Ghera Nugraha mengatakan, lewat JALIN kami ingin membantu mengangkat berbagai daya tarik wisata daerah.

“Tim JALIN telah dan akan mendatangi beberapa kota di Pulau Jawa. Kami akan membantu mempromosikan tempa wisata yang kami kunjungi,” Ghera menjelaskan.

“Juga turut mempromosikan program Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) dan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI). Agar kawan-kawan komunitas juga turut membantu menyampaikan hal ini ke UMKM dan desa wisata yang ada di daerahnya,” Ghera menjabarkan.

“Dan selalu ingat, mari berwisata #diindonesiaaja serta bangga dan beli produk-produk buatan Indonesia. Karena apapun yang kalian cari, ada di Indonesia” Tutupnya.

Dalam kesempatan terpisah, Ketua Umum GenPI Siti CHotijah (mbak Jhe) sangat mengapresiasi kawan-kawan komunitas di Semarang.

“GenPI selalu terbuka untuk siapa saja. Dan program JALIN Komunitas ini menjadi bukti bahwa GenPI bisa membuka ruang diskusi dengan seluruh komunitas di Indonesia.” Ujar Jhe melalui pesan whatsapp.

Baca juga:
* Menparekraf Ajak Genpi Rangkul Komunitas Kampanyekan Wisata #DiIndonesiaAja

Tim JALIN, tambah Jhe, akan menyapa kawan-kawan komunitas di Indonesia. Selain mengangkat wisata juga sekaligus menyampaikan pesan-pesan Menparekraf Sandiaga Uno, hingga bisa diterima dan direspon dengan oleh komunitas di daerah.

“Diskusi-diskusi positif ini juga membuka mengajak komunitas untuk lebih optimis membangkitkan sektor pariwisata Indonesia yang berkeadilan dan berkelanjutan.” Kata Jhe.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Related articles

SPECTRM Borobudur Series, Dorong Lahirnya Event Berkelanjutan

Super Priority Event Creator Camp (SPECTRM), kegiatan yang merupakan kolaborasi antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dengan...

SPECTRM, Kolaborasi GenPI dan Kemenparekraf Tingkatkan Kualitas Event dan Atraksi

Generasi Pesona Indonesia (GenPI) berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menginisiasi sebuah program pelatihan peningkatan kualitas...

HUT ke-44 Dekranas: Iriana Jokowi Tambil Elegan dengan Kebaya Berhias Benang Tapis

Ibu Negara Iriana Jokowi tampil anggun saat hadir dalam acara Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-44 Dewan Kerajinan...

Menparekraf Apresiasi Investasi Pembangunan Amenitas Baru di Sekupang, Batam

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memberikan apresiasi terhadap industri...