Dekranasda Jateng Store Hadir di Bandara YIA, Gaet 88 UMKM

Date:

Share post:

Dekranasda Jateng Store hadir di Bandara YIA Pasarkan Ratusan Jenis Produk UMKM - 2.
Ketua Dekranasda Jateng Atikoh Ganjar Pranowo saat mengunjungi Dekranasda Jateng Store di Bandara YIA, Kamis (13/1/2022) lalu. (Sumber foto: jatengprov.go.id)

Dekranasda Provinsi Jawa Tengah kini telah hadir di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA). Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, meresmikan gerai berlabel Dekranasda Jateng Store ini, pada Kamis (13/1/2022) lalu.

Sebelumnya Gubernur Ganjar Pranowo juga membuka Dekranasda Jateng Store di Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang.

Lokasi Dekranasda Jateng Store bisa dbilang cukup strategis. Kamu bisa menemukannya di jalur kedatangan dan keberangkatan.

- Advertisement -

Peluang pasar pun menjadi terbuka luas. Tidak hanya menyasar pada penumpang yang datang atau pergi. Namun juga bisa menyasar penjemput atau pengantar di bandara.

Menempati area yang tidak terlalu luas, gerai kebanggaan Provinsi Jateng ini terlihat tertata dengan baik dan menarik.

Kamu bisa menandai gerai ini dengan adanya patung Bima di bagian depan.

Tepat di samping pintu masuk, terdapat patung Ketua Dekranasda Jateng Atikoh Ganjar Pranowo yang sedang membatik. Kamu bisa berpose seakan foto bersama beliau.

- Advertisement -

Ada beragam produk unggulan Jateng yang dipajang di gerai ini. Mulai dari batik dan lurik Jateng, kerajinan kayu, bambu, kerang, aksesoris, tas, dan sepatu.

Kemudian ada makanan dan minuman khas Jawa Tengah. Seperti jenang Kudus, mete Wonogiri, enting-enting Salatiga, carica Wonosobo, pukis Solo, aneka kopi, dan lainnya.

Ketua Dekranasda Jateng Atikoh Ganjar Pranowo mengatakan, gerai di Bandara YIA ini adalah hasil kerja sama dengan Bank Jateng.

Menjadi bukti nyata komitmen dan keseriusan Dekranasda Jawa Tengah dalam membantu KUMKM. Untuk memperluas jangkauan pemasaran serta memberikan ruang display agar lebih dikenal secara luas. Khususnya bagi para pengguna bandara, baik traveler nasional maupun internasional.

“Ini ibarat etalase saja. Yang penting repeat order-nya. Harapannya, setelah mereka membeli produk ini, ketika ke sini akan membeli lagi, atau bisa beli lewat online,” ujar Atikoh Ganjar Pranowo, Kamis (13/1/2022) lalu.

Dekranasda Jateng Store, Atikoh menjabarkan, mengakomodasi 88 KUMKM dari 29 kabupaten/kota. Produk yang dijual sebanyak 481 jenis dengan total 2.143 item.

Makanan/minuman kemasan terdiri dari terdiri dari 1.267 item. fesyen 263 item (pria, wanita dan anak). Kemudian handicraft menawarkan 535 item dan makanan atau minuman siap saji ada sebanyak 90 item.

“Kami akan evaluasi produk-produk tersebut setiap 6 bulan. Untuk melihat atau menyesuaikan potensi dan peluangnya. Apabila terdapat produk yang kurang diminati maka kami akan rolling,” Atikoh membeberkan.

Gubernur Ganjar Pranowo memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas kerja sama Dekranasda, pemprov dan Bank Jateng. Sinergi ini adalah bentuk fasilitasi terhadap para pelaku usaha kecil.

Gubernur Ganjar juga mengharapkan adanya dukungan dari Pemprov DIY dan bandara YIA. Yaitu bisa berupa event-event kreatif. Sehingga Yogyakarta International Airport yang terbilang baru ini bisa dikunjungi lebih banyak orang.

Ganjar memberi gambaran dengan apa yang dilakukan oleh pihak bandara di Thailand. Di sana tersedia ruang khusus untuk goweser. Dengan demikian, bukan hanya penumpang dan pengantar saja yang mengunjungi bandar, tetapi juga masyarakat umum.

“Semoga nanti di sini juga ada creative event yang digelar. Ini kan juga ada jalur kereta api. Jadi nanti masyarakat bisa naik kereta api ke sini, bukan untuk naik pesawat saja, tapi juga bisa sekadar ke sini untuk melihat creative event yang ada,” Ganjar berharap.

Gubernur Ganjar juga berpesan agar UMKM yang tergabung dalam Dekranasda Jateng Store tidak hanya mengandalkan pemasaran konvensional. Ganjar berpesan untuk tetap menjemput bola. Bisa melalui pemasaran daring dan juga kanal media sosial masing-masing.

“Misalnya, mereka yang hadir di sini memotret dan mem-posting produknya di medsos, agar pemasarannya bisa lebih luas. Mudah-mudahan produknya laris manis,” tandas gubernur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Related articles

Menparekraf Apresiasi Investasi Pembangunan Amenitas Baru di Sekupang, Batam

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memberikan apresiasi terhadap industri...

Semarakkan Ramadan, GenPI Kota Dumai Gelar Kegiatan Amal

Minggu,31 Maret 2024 - Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Kota Dumai melaksanakan kegiatan berkah di bulan suci ramadan berupa...

Rayakan Ulang Tahun ke-7, Genpi Jateng Gelar Tasyakuran & Buka Puasa Bersama

Semarang, 23 Maret 2024. Generasi Pesona Indonesia Jawa Tengah menggelar kegiatan Tasyakuran dalam memperingati hari jadi Genpi Jateng...

The thrill of white water rafting on the Alas River with Ketambe Adventure | Ketambe Adventure

Ketambe Adventure - Alas River (Lawe Alas) is a river located in Aceh and is the longest river...