Dongkrak Promosi Pariwisata, Maluku Utara Launching Festival Moloku Kie Raha

Date:

Share post:

Festival Moloku Kie Raha merupakan Event Dinas Pariwisata & Ekonomi Kreatif Provinsi Maluku Utara yang di rancang pada momentum pada Sail Tidore 2022, yang secara resmi dilaunching oleh Gubernur Maluku Utara KH. Abdul Gani Kasuba didampingi Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan Ismail Dukomalamo, Jou sultan Tidore, Jou Hukum Kesultanan Ternate, Jou Gugu Kesultanan Jailolo, kapita laut kesultanan bacan dan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Maluku utara di tandai dengan pemukulan tifa, di Pelataran kawasan pantai Tugulufa, Minggu (27/11/2022).

Fetival yang memiliki tujuan untuk mempromosikan potensi wisata dan budaya masing-masing kabupaten/kota di Provinsi Maluku Utara ini akan dilaksanakan secara bergilir di 10 Kab/kota.

Dalam kesempatan tersebut, Sambutan Walikota yang diwakili Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan Ismail Dukomalamo mengatakan, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan menyambut baik Festival Moloku Kie Raha dalam mensukseskan Sail Tidore 2022, ini menunjukan bahwa Kota Tidore Kepulauan selalu menjunjung tinggi Adat dan Budaya sebagai warisan dari leluhur yang perlu kita lestarikan.

“Semoga melalui Festival Moloku Kie Raha ini, dapat menjadi salah satu destinasi wisata yang memiliki keragaman yang hidup dalam satu kesatuan, dimana di Maluku Utara terdapat empat kesultanan besar yakni Kesultanan Tidore, Kesultanan Bacan, Kesultanan Jailolo dan Kesultanan Ternate yang pada hari ini kita semua mengharapkan agar Festival Moloku Kie Raha ini mampu menjadi kekuatan baru dalam mendorong kelestarian adat dan budaya Moloku Kie Raha.” Kata Ismail.

- Advertisement -

“atas nama Pemerintah mengharapkan agar Lounching Festival Moloku Kie Raha mampu membawa sebuah perubahan yang signifikan di Maluku Utara, terutama dapat memperkuat kembali sebuah ikatan yang menyatukan keberadaan persaudaraan di Moloku Kie Raha, Semoga manfaat yang besar dapat kita petik dari Festival Moloku Kie Raha dan dapat menjadi agenda tahunan sebagai media silaturahim di Moloku Kie Raha.” Harap Ismail.

Sementara, Gubernur Maluku Utara KH. Abdul Gani Kasuba mengatakan, Maluku Utara sebagai provinsi kepulauan yang kaya akan potensi, baik sektor kelautan dan perikanan, pertambangan, kehutanan, dan kepariwisataan serta warisan budaya baik benda dan tak benda yang ke semuanya merupakan akumulasi potensi diharapkan dapat di kelola dan dikembangkan dengan maksimal.

Sejarah telah menorehkan perjalanan panjang dan kejayaan “Negeri Rempah” adalah salah satu identitas yang melekat kuat tentang kejayaan di masa lalu, “Festival Moloku kieraha ini akan dijadikan festival tahunan di provinsi maluku utara.” Kata Gani Kasuba.

Dalam Launching Festival moloku kieraha ini juga menampilkan berbagai macam tarian khas Daerah Maluku Utara, konser band lokal dan artis lokal. Launching Festival Moloku Kie Raha di suport oleh Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif RI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Related articles

Rayakan Ulang Tahun ke-7, Genpi Jateng Gelar Tasyakuran & Buka Puasa Bersama

Semarang, 23 Maret 2024. Generasi Pesona Indonesia Jawa Tengah menggelar kegiatan Tasyakuran dalam memperingati hari jadi Genpi Jateng...

The thrill of white water rafting on the Alas River with Ketambe Adventure | Ketambe Adventure

Ketambe Adventure - Alas River (Lawe Alas) is a river located in Aceh and is the longest river...

Peringati Hari Peduli Sampah Nasional, GenPI Bitung Gelar Aksi Bersih-Bersih Perairan Selat Lembeh

BITUNG - Hari Peduli Sampah Nasional, yang diperingati setiap 21 Februari, merupakan momen penting bagi masyarakat Indonesia. Tujuan...

Cara Menabung di Bank Digital untuk Dana Traveling

Menabung untuk traveling adalah salah satu langkah penting dalam perencanaan perjalanan yang sukses. Menabung terlebih dahulu untuk biaya perjalanan...