Solo International Performing Arts (SIPA) Kembali Digelar Tahun Ini

Date:

Share post:

Walikota Solo, Gibran Rakabuming menerima delegasi dalam dan luar negeri dalam Wellcoming Dinner SIPA 2022

Solo 7/9 — Pagelaran Solo International Performing Art (SIPA) 2022 yang digelar pada 8-10 September 2022 di Benteng Vastenburg bakal diikuti delegasi seni dari 10 negara. Delegasi seni 10 Negara yang bakal tampil pada panggung SIPA adalah dari India, Korea Selatan, Turki, Malaysia, Spanyol, Singapura, Jepang, Brazil, Prancis dan Indonesia sebagai tuan rumah. Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming menerima delegasi dalam dan luar negeri dalam Welcoming Dinner SIPA 2022 yang diadakan di Pendopo Loji Gandrung Surakarta. Gibran berharap Event SIPA 2022 menjadi daya tarik wisata di Kota Surakarta. “Kita berharap SIPA 2022 dihadiri 8000 orang perhari selama 3 malam, dan kita berdoa saja supaya cuaca di Kota Solo baik karena event ini menggunakan panggung outdoor” beber Gibran pada sambutan Welcoming Dinner SIPA 2022, di Pendopo Loji Gandrung, Rabu 7 September 2022 Sebagai tindak lanjut, ia menambahkan SIPA tahun ini menjadi spesial karena digelar secara luring setelah dua tahun berkonsep daring karena pandemi.“Ini mungkin SIPA yang pertama setelah pandemi, diadakan secara full luring / offline dengan kapasitas puluhan ribu penonton” ujarnya SIPA menjadi salah satu event yang selalu dirindukan oleh masyarakat solo.

Penampilan khas dari daerah serta berbagai Negara menjadi salah satu daya tarik event ini. Pertunjukkan seni tari, seni musik, teater dan seni pertunjukkan lainnya ditampilkan dengan panggung yang megah.Dalam setiap edisinya, SIPA selalu menghadirkan tema dan maskot yang menarik. Tahun ini dengan mengusung tema “Seni sebagai Spirit Perubahan Kehidupan (Art as The Spirit of Life Changing).” Adapun seniman kenamaan Rianto dipilih menjadi Maskot SIPA 2022.

Pemilihan tema dilandasi alasan untuk menempatkan kedudukan dan peran seni sebagai penyelaras kehidupan. Seperti yang diketahui, bahwa seni menjadi penggerak dari semangat untuk mewujudkan suatu harapan. Ketika kehidupan harus berubah, maka seni harus menjadi penggerak perubahan kehidupan. Melalui seni, perwujudan kebebasan, utamanya dari pandemi dapat tersalurkan. Panggung SIPA 2022 dapat menjadi ajang untuk menunjukkan semangat seni sebagai semangat perubahan kehidupan di masa mendatang.

- Advertisement -

Ketua GenPI Soloraya, Yudhy Widya Kusumo pun turut aktif mendukung gelaran Internasional di Solo ini karena bisa berpotensi untuk meningkatkan pariwisata yang ada di Soloraya. Adanya gelaran ini akan membawa Solo ke dunia Internasional dengan berbagai pertunjukannya. Yudhy berharap kunjungan wisatawan ke Solo akan semakin meningkat dengan adanya gelaran Internasional ini.

Sambutan Direktur SIPA Irawati Kusumorasri dalam Wellcoming Dinner SIPA 2022

Direktur SIPA Irawati Kusumorasri menuturkan SIPA 2022 digelar secara hybrid pada 8-10 September 2022 mulai Pukul 19.00 – 22.00 di Benteng Vastenburg.“Bagi masyarakat yang ingin menonton SIPA Festival secara langsung dapat segera memesan tiket secara gratis melalui loket.com” ungkap Irawati disela- sela Menyambut Makan Malam SIPA 2022.

Sumber: Siaran pers SIPA 2022

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Related articles

Keindahan Puncak Gagoan, Objek Wisata di Solok Dengan Pemandangan Menakjubkan

Yuk bagi kalian yang doyan dengan wisata jelajah nan ekstrem, Puncak Gagoan bisa menjadi salah satu wishlist yang...

Pesona Batu Patah Payo, Wisata Kebun Bunga Cantik di Pinggir Kota Solok

Kota kecil di bagian barat pulau sumatera tepatnya di Kota Solok menyimpan banyak keindahan-keindahan yang tersembunyi, keindahan yang...

SPECTRM Bali, Semangat Desa Wisata Penglipuran Untuk Kembangkan Atraksi dan Event

Desa Penglipuran Bali telah memiliki world class reputasi sebagai desa wisata terbersih di dunia. Kunjungan ke Penglipuran terus...

SPECTRM Bali Dukung Pengembangan Atraksi Hutan Bambu Desa Wisata Penglipuran

Desa wisata Penglipuran dikenal sebagai desa wisata terbersih di dunia. Selain itu desa Penglipuran memiliki keunikan dalam tata...