GenPI Soloraya Kulineran ke Selat Mbak Lies

Date:

Share post:

Ketua GenPI Soloraya Wexa Pradana bersama pengurus kulineran bersama

GENPI SOLORAYA – Di Solo ada warung selat legendaris bernama Warung Selat Mbak Lies, yang berlokasi di Serengan Gang II no 42, Kelurahan Serengan, Kecamatan Serengan Solo, Jawa Tengah. Sesuai dengan namanya, warung selat milik Ny Wulandari Kusmadyaningrum yang biasa di panggil  Lilies menu andalannya adalah selat.

Selat Solo merupakan makanan khas di Kota Bengawan. Hidangan khas Jawa yang mendapat pengaruh dari Eropa ini diadaptasi dari menu Belanda, Salad namun disesuaikan dengan gaya Solo. Enggak heran, rasanya cocok dan pas di lidah. Selat Solo ini juga sering disebut Bistik Jawa, meskipun hidangan tersebut mengandung sedikit kuah.

Salah satu Selat Solo yang legendaris ialah Warung Mbak Lies. Ada sejak 1987, citarasa Selat Solo Mbak Lies selalu membekas di ingatan. Membuat pengunjung merasa rindu ingin kembali mampir ke warung legendaris ini. Rasa dan tempatnya yang unik membuat Selat Solo Mbak Lies menjadi wisata kuliner favorit pelancong di tanah kelahiran Presiden Joko Widodo ini.

- Advertisement -

Team GenPI Soloraya berkunjung ke Warung Selat Mbak Lies, menurut pantuan kami meskipun terletak di gang kampung kecil, namun selalu ramai pembeli terutama hari Jumat, Sabtu dan Minggu(01/06/2022). Bahkan banyak wisatawan dari luar kota yang menyempatkan untuk menyantap makanan khas solo yaitu Selat. Warung Selat Mbak Lies menjadi salah satu tujuan favorit untuk wisata kuliner  di Kota Solo.

Satu piring yang berisi daging sapi yang empuk, telur pindang, potongan buncis, tomat, kentang, selada, mentimun dan wortel. Disiram dengan kuah cokelat yang manis  tak lupa ditaburi keripik kentang dan ditambah sedikit mustard jawa siap menggoyang lidah.

Di Warung Selat Mbak Lies ada 4 menu selat andalan, yaitu : Selat Lidah,  Selat Bestik, Selat Galantin Kuah Saos dan Selat Galantin Kuah Segar. Selain menyajikan Selat Solo, Warung Selat Solo Mbak Lies ini juga menyediakan menu lain seperti gado-gado, sup matahari, sup manten, timlo ayam, tahu acar dan setup macaroni. Aneka minuman juga siap menyegarkan tenggorokan, ada jus buah, es teler, es campur, es degan, es blewah dan beragam sajian es lainnya.

Untuk harga Di Warung Selat Mbak Lies bervariasi, Selat Lidah Rp 26.000per porsi, sedangkan Selat Bestik, Selat Galantin dan Timlo Rp 24.000 per porsinya. Sup Manten dan Sup Matahari Rp 23.000 per porsi. Adapun harga makanan lainnya seperti Gado-Gado Rp 20.000, Tahu acar Rp 17.000, Stup Makaroni Rp 16.000.  Bagaiman cukup terjangkau bukan harga harga makanan di Warung Selat Mbak Lies?

- Advertisement -

Selain itu, sambil menikmati sajian lezat Warung Mbak Lies, pengunjung bisa merasakan suasana khas dengan perabotan antik. Mata kita dimanjakan dengan aneka guci keramik, meja dan kursi keramik, hiasan dinding piring keramik serta aneka lukisan yang artistik.  Karena memang pemilik Warung Selat Mbak Lies penyuka barang barang yang terbuat dari keramik. Bahkan kami melihat beberapa artis ternama Tanah Air meninggalkan tanda tangan di piring putih yang di pajang didinding sebagai bukti pernah berkunjung di sini.

Herlina, sebagai sekretaris GenPI Soloraya mengakui bahwa pernak-perniknya yang terlihat unik dan Instagramable dan cocok sekali untuk berfoto. Para pengunjung yang datang tak lupa untuk swafoto di warung ini sebagai kenangan. Warung ini siap melayani pengunjung setiap hari. Dan banyak juga produk UMKM lokal yang ikut dijual di Warung Selat Mbak Lies.

Meski Warung Selat Mbak Lies berada di gang sempit, namun disediakan tempat parkir yang luas, ungkap Pinandita Lamit sekretaris GenPI Soloraya. Kendaraan roda 2 bisa masuk gang dan untuk kendaraan roda 4 bisa parkir di tepi jalan raya. Ada team tukang parkir warga sekitar yang mengelola sehingga kita tidak kesusahan mencari tempat untuk parkir.

Afrizal divisi offline GenPI Soloraya menambahkan, untuk sobat Genpi kalo mau ke Solo jangan lupa mampir ke Warung Selat Mbak Lies, dijamin kalian akan dimanjakan lidah dengan hidangan Selat Solo. Selain itu dijamin kalian akan dimanjakan dengan tempat yang Instagramable penuh dengan ornamen keramik yang unik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Related articles

Menparekraf Apresiasi Investasi Pembangunan Amenitas Baru di Sekupang, Batam

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memberikan apresiasi terhadap industri...

Semarakkan Ramadan, GenPI Kota Dumai Gelar Kegiatan Amal

Minggu,31 Maret 2024 - Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Kota Dumai melaksanakan kegiatan berkah di bulan suci ramadan berupa...

Rayakan Ulang Tahun ke-7, Genpi Jateng Gelar Tasyakuran & Buka Puasa Bersama

Semarang, 23 Maret 2024. Generasi Pesona Indonesia Jawa Tengah menggelar kegiatan Tasyakuran dalam memperingati hari jadi Genpi Jateng...

The thrill of white water rafting on the Alas River with Ketambe Adventure | Ketambe Adventure

Ketambe Adventure - Alas River (Lawe Alas) is a river located in Aceh and is the longest river...