Gubernur Arinal Luncurkan Aplikasi SiGajah Lampung, Mudahkan Info ‘Loker’

Date:

Share post:

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi Luncurkan Aplikasi SiGajah Lampung
Acara peluncuran Aplikasi SiGajah Lampung di Mahan Agung, Senin (07/02). Dihadiri oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan jajaran. (Foto: Biro Adpim Pemprov Lampung)

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Ketenagakerjaan Daerah Provinsi Lampung (Si Gajah Lampung) hari ini di Mahan Agung, Senin (07/02/2022).

Aplikasi Si Gajah Lampung adalah platform digital berbasis web yang dikembangkan oleh Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Tenaga Kerja Provinsi Lampung.

Baca juga:
* Pemprov Lampung dan Jawa Timur Jalin MoU Dorong Percepatan Pemulihan Ekonomi

- Advertisement -

Aplikasi Si Gajah memberikan pelayanan terkait informasi ketenagakerjaan. Informasi yang disediakan antara lain; pelatihan kerja, pemagangan kerja, lowongan kerja, dan konsultasi permasalahan ketenagakerjaan di Provinsi Lampung.

Gubernur Arinal Djunaidi mengatakan perekonomian masyarakat dimasa pendemi Covid-19 sempat mengalami penurunan. Namun perekonomian masyarakat berangsur-angsur mulai membaik saat ini dimasa pemulihan.

“Semoga dengan adanya aplikasi Si Gajah Lampung dapat lebih mengakselerasi pemulihan perekonomian masyarakat.” Gubernur Arinal berharap.

Dengan aplikasi ini, Arinal menjabarkan, lebih memudahkan pencari kerja dan perusahaan pemberi kerja terkait informasi lowongan kerja.

- Advertisement -

Indonesia pada tahun 2045 mendatang, imbuh gubernur, diproyeksikan akan menghadapi bonus demografi. Saat itu penduduk pada usia produktif jumlahnya jauh lebih banyak daripada jumlah penduduk usia tidak produktif.

“Artinya, kita mempunyai peluang untuk membawa bangsa kita untuk jauh lebih maju, jika mampu mengelola dan memanfaatkan bonus demografi ini,” tegas Gubernur.

Arinal Djunaidi juga berpesan kepada Dinas Tenaga Kerja Provinsi Lampung dan Stake Holder terkait untuk turut menyosialisasikan penggunaan aplikasi SiGajah Lampung di kalangan masyarakat.

Ia pun meminta agar perusahaan turut aktif memanfaatkan aplikasi ini agar aplikasi ini bisa optimal.

“Jadikan aplikasi SiGAjah Lampung ini sebagai salah satu sumber pemberian informasi tentang ketenagakerjaan,” ujar Gubernur.

Peluncuran Aplikasi Sistem Informasi Ketenagakerjaan Daerah Provinsi Lampung ini pun mendapat respon positif dari Menteri Tenaga Kerja RI Ida Fauziyah.

Menteri Ida Fauziyah mengapresiasi Pemprov Lampung atas diluncurkannya Aplikasi SiGajah Lampung.

“Hal ini merupakan salah satu terobosan untuk perluasan kesempatan kerja yang mempertemukan pencari kerja dan penyedia lapangan kerja.” Kata Menteri Ida Fauziyah.

“Semoga memberi manfaat yang signifikan bagi masyarakat Lampung terutama dalam hal pelayanan informasi ketenagakerjaan,” harapnya.

Penerapan teknologi pada pelayanan publik seperti ini, menurut Ida, bisa menjadi kunci bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Sukses untuk Pemerintah Provinsi Lampung,” Menteri Ida memberi selamat.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Lampung Agus Nompitu mengatakan, aplikasi SiGajah Lampung akan mempertemukan pencari kerja dan penyedia lapangan kerja.

“Ada 4 aplikasi yang terintegrasi dalam Aplikasi SiGajah Lampung. Yaitu fitur Si Gajah Kerja, Si Gajah Konsul, Si Gajah Latih, dan Si Gajah Magang.” Agus Nompitu memaparkan.

Baca juga:
* Pemprov Lampung dan ASDP Kelola Kawasan Wisata Terintegrasi Bakauheni

Aplikasi SiGajah Lampung, Agus Nompitu menambahkan, bisa diakses secara online.

Kamu bisa klik dan buka website/laman sigajahkerja.disnaker.lampungprov.go.id.

“Nantinya SiGajah Lampung juga bisa diunduh melalui Playstore. Sehingga masyarakat dan stakeholder terkait dapat mengakses dengan mudah layanan ketenagakerjaan ini.” Kata Agus Nompitu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Related articles

Rayakan Ulang Tahun ke-7, Genpi Jateng Gelar Tasyakuran & Buka Puasa Bersama

Semarang, 23 Maret 2024. Generasi Pesona Indonesia Jawa Tengah menggelar kegiatan Tasyakuran dalam memperingati hari jadi Genpi Jateng...

The thrill of white water rafting on the Alas River with Ketambe Adventure | Ketambe Adventure

Ketambe Adventure - Alas River (Lawe Alas) is a river located in Aceh and is the longest river...

Peringati Hari Peduli Sampah Nasional, GenPI Bitung Gelar Aksi Bersih-Bersih Perairan Selat Lembeh

BITUNG - Hari Peduli Sampah Nasional, yang diperingati setiap 21 Februari, merupakan momen penting bagi masyarakat Indonesia. Tujuan...

Cara Menabung di Bank Digital untuk Dana Traveling

Menabung untuk traveling adalah salah satu langkah penting dalam perencanaan perjalanan yang sukses. Menabung terlebih dahulu untuk biaya perjalanan...