Gumregah Makaryo Sesarengan, Hari Jadi ke 197 Kabupaten Wonosobo

Date:

Share post:

Berbagai kesenian Jaranan, Lengger, dan Daeng turut meramaikan Hari Jadi Kabupaten Wonosobo ke 197.

Perayaan hari jadi kabupaten Wonosobo yang ke 197 berjalan dengan meriah, setelah 2 tahun tidak dilaksanakan. karena saat itu masih masa pandemi, akhirnya perayaan hari jadi kembali di laksanakan di Alun-alun Wonosobo pada hari Minggu, 24 Juli 2022 pagi.
Hari jadi kabupaten Wonosobo yang jatuh pada 24 Juli 2022 berbeda dari tahun sebelum-sebelumnya, tahun ini kegiatannya cukup semarak dengan penampilan atraksi seni dan budaya Tradisional khas Kabupaten Wonosobo.
Kini virus covid-19 mulai mereda, akan tetapi perayaannya tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes) Covid-19.

Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat dalam sambutannya mengatakan, Perayaan hari jadi tahun ini mengambil tema “Gumregah Makaryo Sesarengan” mengandung maksud agar semua pihak, seperti pemerintah, dunia usaha dan masyarakat, bergerak untuk membangkitkan dunia ekonomi dan kemajuan daerah.
Pagelaran hari jadi Wonosobo, yang lebih meriah dalam rangka memulihkan dunia ekonomi di masyarakat yang sempat terburuk di masa pandemi global Covid-19.
Selain itu, tambahnya, juga untuk menggairahkan dan membangkitkan dunia pariwisata dan kuliner yang sempat mati suri. Apalagi atraksi seni dan budaya di momen HUT Wonosobo bisa jadi destinasi wisata sendiri.

“Dengan semua bergerak, insya Allah, kondisi ekonomi di masyarakat akan segera bangkit. Sehingga daerah ini akan terus tumbuh, maju dan berkembang. Jika daerah maju maka warga akan sejahtera, tutupnya.

- Advertisement -

Usai upacara HUT Wonosobo, kesenian Jaranan, Lengger, dan Daeng ramaikan lapangan Alun-alun Wonosobo. Antusias masyarakat nampak saat para peserta kesenian tersebut menari secara kolosal di Tengah Alun-alun Wonosobo.

Setelah semua prosesi usai masyarakat berebut aneka jenis hasil bumi di masing-masing kecamatan yang ada di kabupaten Wonosobo. Jumlah Gunungan ada 15 Sesuai jumlah Kecamatan yang ada di Kabupaten Wonosobo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Related articles

SPECTRM Borobudur Series, Dorong Lahirnya Event Berkelanjutan

Super Priority Event Creator Camp (SPECTRM), kegiatan yang merupakan kolaborasi antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dengan...

SPECTRM, Kolaborasi GenPI dan Kemenparekraf Tingkatkan Kualitas Event dan Atraksi

Generasi Pesona Indonesia (GenPI) berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menginisiasi sebuah program pelatihan peningkatan kualitas...

HUT ke-44 Dekranas: Iriana Jokowi Tambil Elegan dengan Kebaya Berhias Benang Tapis

Ibu Negara Iriana Jokowi tampil anggun saat hadir dalam acara Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-44 Dewan Kerajinan...

Menparekraf Apresiasi Investasi Pembangunan Amenitas Baru di Sekupang, Batam

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memberikan apresiasi terhadap industri...