IKN, Lokomotif Menuju Indonesia Berbasis Inovasi dan Teknologi Ekonomi Hijau

Date:

Share post:

IKN Lokomotif Menuju Indonesia Berbasis Inovasi dan Teknologi Ekonomi Hijau
(Foto: ist)

Pembangunan Nusantara, Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur (Kaltim), adalah bagian dari transformasi besar yang dilakukan oleh pemerintah kedepannya. Nantinya di sana, akanmenjadi lokomotif untuk perubahan menuju negara Indonesia yang berbasis inovasi dan teknologi ekonomi hijau atau green economy.

Presiden Joko Widodo mengatakan demikian saat memberikan sambutan di acara Dies Natalis ke-67 Universitas Katolik Parahyangan secara virtual, Senin (17/1/2022).

Baca juga:
* Kepala Bappenas: Presiden Pilih ‘Nusantara’ Jadi Nama Ibu Kota Negara

- Advertisement -

“Membangun sebuah lokomotif baru, untuk transformasi negara kita Indonesia menuju sebuah Indonesia yang berbasis inovasi dan berbasis teknologi yang berbasis green economy,” kata Presiden Joko Widodo.

Tujuan memindahkan IKN dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur, menurut Presiden Joko Widodo, adalah membangun kota baru yang mengimplementasikan inovasi dan teknologi hijau di masa mendatang.

Mulai dari tempat ini, implementasi kedua hal itu akan dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat hingga terus merambah ke berbagai pelosok tanah air.

“Pembangunan ibu kota baru ini bukan semata-mata memindahkan fisik kantor-kantor pemerintahan. Karena dari sinilah kita akan memulai,” tutur Jokowi.

- Advertisement -

Kota Nusantara, nama Ibu Kota Negara, akan dirancang sebagai daerah yang efisien dan produktif. Setiap infividu yang tinggal di sana akan mendapatkan berbagai kemudahan. Kemudahan akses jalan hingga pelayanan publik.

Dengan begitu, penduduk yang tinggal di ‘Kota Nusantara’ akan mendapatkan layanan keamanan, pendidikan, dan kesehatan level dunia.

“Warganya kemana-mana dekat, warganya ke mana-mana bisa naik sepeda, ke mana-mana bisa jalan kaki, karena zero emission. Yang menyediakan pelayanan keamanan dan kesehatan serta pendidikan yang berkelas dunia. Bayangan kita seperti itu,” kata Kepala Negara.

Di saat yang sama, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Suharso Monoarfa, mengumumkan nama Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur.

“Saya baru mendapatkan konfirmasi dan perintah langsung dari Bapak Presiden itu pada Jumat (14/1/2022) lalu dan beliau mengatakan ibu kota negara ini namanya Nusantara,” Suharso menjelaskan.

Menurut Suharso, kata Nusantara sudah dikenal oleh masyarakat luas sedari dulu. Baik domestik dan global sangat mengenalnya. Sehingga kata tersebut menjadi ikon bagi Indonesia.

Pemilihan nama Nusantara, Suharso menambahkan, juga karena mampu menggambarkan kenusantaraan atau keberagaman Republik Indonesia.

“Saya kira kita semua setuju dengan istilah Nusantara itu,” imbuhnya.

Suharso mengungkapkan bahwa sebenarnya pemerintah menerima sekitar 80 nama calon IKN yang diusulkan oleh para ahli. Namun Presiden Jokowi memustuskan memilih Nusantara.

Baca juga:
Menhub: Pengembangan 4 Bandara di Nusa Tenggara Dukung Pariwisata

“Ada sekitar 80 lebih nama yang diusulkan namun akhirnya dipilih Presiden yaitu Nusantara tanpa kata Jaya,” Kata Suharso.

OK, kita doakan saja ya agar Ibu Kota Negara (IKN) baru kita di Kaltim segera terwujud. Dan doakan segera menjadi lokomotif menuju negara Indonesia yang berbasis inovasi dan teknologi ekonomi hijau.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Related articles

Kepala BPHL Wilayah VI Sambangi Gapoktanhut Pujo Makmur Desa Banjaran

Kepala Balai Pengelolaan Hutan Lestari (BPHL) Wilayah VI Tuti Alawiyah Lubis menyambangi Gapoktan Pujo Makmur, Rabu (1/2/2023). Kunjungan ini...

Bawa 124 Wisman, Kapal Pesiar MV Ocean Odissey Singgah di Tanjung Emas Semarang

Suasana pintu kedatangan di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang terlihat meriah pada hari Selasa (31/01/2023) pagi. Beberapa petugas melakukan...

Hadirkan Dinas Sosial dan Dinas Koperasi Bantul, KKN 4 UMBY Buka Program Ekonomi Kreatif Untuk Komunitas Difabel Gumregah

KKN-PPM Universitas Mercu Buana Yogyakarta kelompok penugasan khusus yang berlokasi di Komunitas Difabel Gumregah, Argorejo, Sedayu selenggarkaan pembukaan...

Luncurkan KEN dan Sportive 2023, Kemenparekraf Gaungkan Gerakan Nasional Bangga Berwisata Di Indonesia

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf) meluncurkan Karisma Event Nusantara (KEN) 2023 pada Sabtu (28/01/2023) bertempat...