IKN, Lokomotif Menuju Indonesia Berbasis Inovasi dan Teknologi Ekonomi Hijau

Date:

Share post:

IKN Lokomotif Menuju Indonesia Berbasis Inovasi dan Teknologi Ekonomi Hijau
(Foto: ist)

Pembangunan Nusantara, Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur (Kaltim), adalah bagian dari transformasi besar yang dilakukan oleh pemerintah kedepannya. Nantinya di sana, akanmenjadi lokomotif untuk perubahan menuju negara Indonesia yang berbasis inovasi dan teknologi ekonomi hijau atau green economy.

Presiden Joko Widodo mengatakan demikian saat memberikan sambutan di acara Dies Natalis ke-67 Universitas Katolik Parahyangan secara virtual, Senin (17/1/2022).

Baca juga:
* Kepala Bappenas: Presiden Pilih ‘Nusantara’ Jadi Nama Ibu Kota Negara

- Advertisement -

“Membangun sebuah lokomotif baru, untuk transformasi negara kita Indonesia menuju sebuah Indonesia yang berbasis inovasi dan berbasis teknologi yang berbasis green economy,” kata Presiden Joko Widodo.

Tujuan memindahkan IKN dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur, menurut Presiden Joko Widodo, adalah membangun kota baru yang mengimplementasikan inovasi dan teknologi hijau di masa mendatang.

Mulai dari tempat ini, implementasi kedua hal itu akan dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat hingga terus merambah ke berbagai pelosok tanah air.

“Pembangunan ibu kota baru ini bukan semata-mata memindahkan fisik kantor-kantor pemerintahan. Karena dari sinilah kita akan memulai,” tutur Jokowi.

- Advertisement -

Kota Nusantara, nama Ibu Kota Negara, akan dirancang sebagai daerah yang efisien dan produktif. Setiap infividu yang tinggal di sana akan mendapatkan berbagai kemudahan. Kemudahan akses jalan hingga pelayanan publik.

Dengan begitu, penduduk yang tinggal di ‘Kota Nusantara’ akan mendapatkan layanan keamanan, pendidikan, dan kesehatan level dunia.

“Warganya kemana-mana dekat, warganya ke mana-mana bisa naik sepeda, ke mana-mana bisa jalan kaki, karena zero emission. Yang menyediakan pelayanan keamanan dan kesehatan serta pendidikan yang berkelas dunia. Bayangan kita seperti itu,” kata Kepala Negara.

Di saat yang sama, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Suharso Monoarfa, mengumumkan nama Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur.

“Saya baru mendapatkan konfirmasi dan perintah langsung dari Bapak Presiden itu pada Jumat (14/1/2022) lalu dan beliau mengatakan ibu kota negara ini namanya Nusantara,” Suharso menjelaskan.

Menurut Suharso, kata Nusantara sudah dikenal oleh masyarakat luas sedari dulu. Baik domestik dan global sangat mengenalnya. Sehingga kata tersebut menjadi ikon bagi Indonesia.

Pemilihan nama Nusantara, Suharso menambahkan, juga karena mampu menggambarkan kenusantaraan atau keberagaman Republik Indonesia.

“Saya kira kita semua setuju dengan istilah Nusantara itu,” imbuhnya.

Suharso mengungkapkan bahwa sebenarnya pemerintah menerima sekitar 80 nama calon IKN yang diusulkan oleh para ahli. Namun Presiden Jokowi memustuskan memilih Nusantara.

Baca juga:
Menhub: Pengembangan 4 Bandara di Nusa Tenggara Dukung Pariwisata

“Ada sekitar 80 lebih nama yang diusulkan namun akhirnya dipilih Presiden yaitu Nusantara tanpa kata Jaya,” Kata Suharso.

OK, kita doakan saja ya agar Ibu Kota Negara (IKN) baru kita di Kaltim segera terwujud. Dan doakan segera menjadi lokomotif menuju negara Indonesia yang berbasis inovasi dan teknologi ekonomi hijau.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Related articles

Menparekraf Apresiasi Investasi Pembangunan Amenitas Baru di Sekupang, Batam

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memberikan apresiasi terhadap industri...

Semarakkan Ramadan, GenPI Kota Dumai Gelar Kegiatan Amal

Minggu,31 Maret 2024 - Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Kota Dumai melaksanakan kegiatan berkah di bulan suci ramadan berupa...

Rayakan Ulang Tahun ke-7, Genpi Jateng Gelar Tasyakuran & Buka Puasa Bersama

Semarang, 23 Maret 2024. Generasi Pesona Indonesia Jawa Tengah menggelar kegiatan Tasyakuran dalam memperingati hari jadi Genpi Jateng...

The thrill of white water rafting on the Alas River with Ketambe Adventure | Ketambe Adventure

Ketambe Adventure - Alas River (Lawe Alas) is a river located in Aceh and is the longest river...