Infrastruktur Lengkap, Presiden Optimis Pariwisata Danau Toba Cepat Maju

Date:

Share post:

Infrastruktur Lengkap Presiden Optimis Pariwisata Danau Toba Cepat Maju
(sumber foto: Kemenparekraf.go.id)

Presiden Joko Widodo optimis, pariwisata di kawasan Danau Toba, Sumatra Utara (Sumut), bisa cepat maju dengan tersedianya berbagai fasilitas infrastruktur pendukung yang dibangun dan disediakan pemerintah.

Pemerintah dalam hal itu, mewujudkan kebutuhan masyarakat yang berada di sana, yakni berupa penambahan tujuh pelabuhan dan empat kapal motor penyeberangan.

Baca juga:
* Menparekraf Dampingi Presiden Tinjau Pantai Bebas Parapat Danau Toba

- Advertisement -

“Saya melihat kebutuhan masyarakat di sekitar Danau Toba tidak hanya pelabuhan, tetapi juga kapal motor penyeberangan,” kata Presiden Joko Widodo ketika meresmikan Pelabuhan Ajibata di Kabupaten Toba, Sumut pada Rabu (2/2/2022).

Tujuh pelabuhan yang dimaksud antara lain Pelabuhan Ajibata dan Balige di Kabupaten Toba, Pelabuhan Tiga Ras di Kabupaten Simalungun, Pelabuhan Marbun Toruan di Kabupaten Humbang Hasundutan.

Lalu Pelabuhan Muara di Kabupaten Tapanuli Utara, Pelabuhan Simanindo di Kabupaten Samosir, dan Pelabuhan Tongging di Kabupaten Karo.

Adanya infrastruktur pelabuhan itu, kata Presiden, akan membuat akses antarwilayah di sejumlah kabupaten menjadi semakin mudah. Konektivitas antarwilayah tentunya akan berdampak positif bagi kesejahteraan masyarakat di sekitar tempat pariwisata unggulan Sumut itu.

- Advertisement -

“Mendukung aktivitas dan mobilitas masyarakat pada sehari-hari,” imbuh Kepala Negara.

Sedangkan, 4 kapal motor penyeberangan yang pada saat ini diluncurkan antara lain Kapal Motor Pora-Pora berkapasitas 180 penumpang yang sanggup memuat 21 kendaraan, Kapal Motor Kaldera Toba berkapasitas 152 penumpang yang sanggup memuat 15 kendaraan.

Kemudian Kapal Motor Jurung-Jurung dengan kapasitas 150 penumpang dan Kapal Motor Asa-Asa dengan kapasitas 150 penumpang.

Keberadaan kapal motor itu, sangat penting dalam menjamin keselamatan masyarakat dalam menyebrangi antar wilayah. Karena, kapal yang digunakan pada beberapa waktu lalu, masih menggunakan kapal rakyat.

“Sangat penting karena selama ini masyarakat menggunakan kapal rakyat yang standar keselamatannya kurang bisa diandalkan,” kata Presiden.

Baca juga:
* Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Belanja Produk UMKM di Bazaar Mandalika

Presiden optimis, upaya pemerintah dalam menyediakan infrastruktur pelabuhan dan kapal motor di sejumlah wilayah Danau Toba akan berdampak positif pada sektor pariwisata. Karena, wisatawan akan semakin mudah mengunjungi tempat super prioritas itu.

“Akses ke berbagai tempat di Danau Toba akan menjadi lebih mudah, cepat dan lancar,” pungkas Kepala Negara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Related articles

Dukung Program Kemenparekraf, Gubernur Ganjar Serukan “Ayo Piknik Dalam Negeri”

JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyerukan "Ayo Piknik Dalam Negeri" usai menjadi pembicara Launching 100 Pekat...

Promosikan Wastra dan Kreator Design Jawa Timur, East Java Fashion Harmony Kembali Digelar

East Jafa Fashion Harmony (EJFH) merupakan sebuah program apresiasi dan publikasi WASTRA JAWA TIMUR melalui tampilan fashion modern...

Resmi Dilantik Bupati, Genpi Merauke Siap Populerkan Wisata Papua Selatan

Generasi Pesona Indonesia ( Genpi) Merauke telah resmi dideklarasikan pada Senin 28 November 2022. Bupati Merauke Romanus Mbaraka...

Dongkrak Promosi Pariwisata, Maluku Utara Launching Festival Moloku Kie Raha

Festival Moloku Kie Raha merupakan Event Dinas Pariwisata & Ekonomi Kreatif Provinsi Maluku Utara yang di rancang pada...