Java Camp, Sinergi Kolaborasi 35 Komunitas Parekraf

Date:

Share post:

Java Camp, kegiatan yang diprakarsai oleh Generasi Pesona Indonesia (GenPI) kembali terlaksana. Kegiatan yang awalnya merupakan program internal GenPI untuk mempertemukan para member-member dalam sebuah kegiatan perkemahan, kini telah berkembang menjadi wadah kolaborasi puluhan komunitas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf).

Terdapat setidaknya 80 peserta yang berasal dari 35 komunitas Parekraf pada kegiatan yang dilaksanakan di Desa Ngargogondo, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah ini. Pada kegiatan ini para peserta diberikan wadah bertemu, berkumpul, dan menyampaikan gagasan serta aspirasinya baik sesama komunitas maupun secara langsung kepada para stakeholder pariwisata terutama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Selama dua hari pelaksanaan kegiatan Java Camp yang berlangsung pada 5-6 Agustus 2023, para perwakilan komunitas mengikuti beberapa rangkaian kegiatan seperti dialog bersama Kepala Biro Komunitas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ibu I Gusti Ayu Dewi serta jajarannya, Workshop Foto dan Video, Famtrip VW Safari di Destinasi lingkar Borobudur, Sesi Zoom bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Bapak Sandiaga Salahuddin Uno, Community Talk bersama Plh. Direktur Badan Otorita Borobudur, Perwakilan Disporapar Provinsi Jawa Tengah dan perwakilan instansi lainnya serta kegiatan Team Building.

- Advertisement -

Dalam kegiatan dialog yang dilakukan bersama Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf, para perwakilan komunitas terlihat aktif menyampaikan aspirasi serta harapannya terkait peran yang dapat dikontribusikan untuk perkembangan pariwisata Indonesia.

Diawali dengan sambutan Siti Chotijah selaku Ketua Umum Genpi Nasional yang juga menyulut semangat para peserta, Jhe (sapaan akrab) membuka diskusi dengan menyampaikan harapannya terkait kegiatan Java Camp 2023 dimana diharapkan agar para komunitas ini dapat menjadi Kolaborator dalam program-program pengembangan pariwisata Indonesia.

“Kami berharap agar para komunitas yang hadir mampu menjadi kolaborator dalam menyukseskan program-program pengembangan pariwisata. Karena saat ini komunitas memiliki daya tawar yang besar untuk berkolaborasi”, ucap Jhe di awal acara.

Melihat sambutan yang begitu penuh semangat dari Ketua Umum Genpi turut menggugah beberapa komunitas untuk menyampaikan aspirasinya, seperti Komunitas IDCorner (Komunitas Bloger Indonesia), Social Impact, Perwakilan Desa Wisata Muncar Moncer Temanggung, Perwakilan Mahasiswa KKN STMM di Desa Ngargogondo serta beberapa komunitas lainnya.

- Advertisement -

Antuasiasme dari para perwakilan komunitaspun disambut baik oleh Ibu Dewi selaku Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf RI, beliau turut menyampaikan keterbukaan serta antusiasmenya akan kolaborasi-kolaborasi dengan para komunitas terutama dengan Genpi Indonesia.

“Saya selalu senang dan puas dengan kolaborasi yang dilakukan Kemenparekraf dengan para komunitas, terutama Genpi. Kami akan sangat terbuka dengan beragam kesempatan untuk berkolaborasi kedepannya dengan para komunitas terlebih yang terlibat pada Java Camp 2023 ini”, Ungkap Dewi.

Pada akhir diskusi, para perwakilan komunitas yang hadir di Java Camp 2023 menyampaikan komitmennya untuk bersama-sama berkolaborasi untuk menyukseskan program pariwisata Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Related articles

SPECTRM Borobudur Series, Dorong Lahirnya Event Berkelanjutan

Super Priority Event Creator Camp (SPECTRM), kegiatan yang merupakan kolaborasi antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dengan...

SPECTRM, Kolaborasi GenPI dan Kemenparekraf Tingkatkan Kualitas Event dan Atraksi

Generasi Pesona Indonesia (GenPI) berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menginisiasi sebuah program pelatihan peningkatan kualitas...

HUT ke-44 Dekranas: Iriana Jokowi Tambil Elegan dengan Kebaya Berhias Benang Tapis

Ibu Negara Iriana Jokowi tampil anggun saat hadir dalam acara Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-44 Dewan Kerajinan...

Menparekraf Apresiasi Investasi Pembangunan Amenitas Baru di Sekupang, Batam

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memberikan apresiasi terhadap industri...