Kadishut Lampung Nikmati Wisata Berkualitas di Desa Batu Raja Pesawaran

Date:

Share post:

Kadishut Lampung NIkmati Wisata Berkualitas di Desa Batu Raja Pesawaran
Kadishut Lampung Yanyan Ruchyansyah di Air Terjun Batu Gajah, Desa Batu Raja, Punduh Pidada, Pesawaran. (Foto: Yopie Pangkey)

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Lampung Yanyan Ruchyansyah mengapresiasi sekelompok pemuda yang merintis destinasi wisata berbasis alam di Desa Batu Raja, Kecamatan Punduh Pidada, Pesawaran.

Pemuda-pemuda yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Batu Raja tersebut merintis beberapa objek wisata baru. Antara lain; Lubuk Akar, Lubuk Jaha, Batu Betapa, Air Terjun Batu Gajah, dan Singgah Wali.

Bersama Kelompok Tani Hutan (KTH) setempat, mereka kompak merintis objek wisata yang mengandalkan mata air di Hutan Lindung Register 20 Pematang Kubuato.

- Advertisement -

Baca juga:
* Dishut Lampung Gelar Kemah Bareng di Bukit Kendeng Pesawaran

“Kita patut memberikan apresiasi pada pemuda-pemuda yang ingin mengangkat potensi sumber daya alam untuk ekowisata di desanya,” Kata Yanyan Ruchyansyah.

“Saya berpesan agar kawan-kawan tetap menjaga hutan yang ada di bagian atas desa. Karena daya tarik wisata sungai di Desa Baturaja ini airnya berasal dari hutan di bagian atas,” Kata Yanyan.

Kalau airnya mengecil bahkan menghilang ketika musim kemarau, Yanyan menambahkan, maka daya tarik wisatanya juga akan hilang.

- Advertisement -

“Wisatawan mau datang karena kondisi alam desa dan kondisi hutannya masih bagus. Kalau kualitas hutan di bagian atas menurun, wisatawan tentu saja tidak akan datang kembali.” Yanyan menerangkan.

“Ada baiknya Pokdarwis bisa menjual aktivitas wisata terbatas di hutan. Bisa lakukan wisata berkualitas selain wisata massal yang bisa berpotensi mengganggu kelestarian alam,” pesannya.

“Kesadaran akan potensi wisata ini juga meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga hutan di sekitar desa. Pokdarwis dan KTH bisa mengajak masyarakat untuk bersama-sama melestarikan hutan. Agar wisata di desa mereka bisa langgeng dan meningkatkan perekonomian warga desa,” Tutup Yanyan.

Ketua Pokdarwis Desa Baturaja Abdul Mukmim mengaku sangat senang dikunjungi oleh Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Lampung yang didampingi oleh KPH Pesawaran dan penggiat pariwisata @kelilinglampung_.

“Kami sangat senang dukungan wisata di desa kami mengalir satu persatu. Sebelumnya kami juga sudah didatangi oleh Kadis Pariwisata Pesawaran pak Ketut Partayasa. Dan kali ini kedatangan Kadis Kehutanan Provinsi Lampung yang menikmati wisata di desa Baturaja,” Ungkap Mukmin.

Baca juga:
* Disperindag Lampung Ajak Influencer Kampanyekan Gernas BBI

“Kami juga berharap seluruh warga desa bisa mendukung kami. Sama-sama menjaga kebersihan desa, meningkatkat keramahtamahan, dan menjaga lingkungan desa dan kawasan hutan. Agar wisatawan tetap mau datang ke Desa Batu Raja,” Tutup Mukmin.

Selain ke Desa Batu Raja, Kadis Kehutanan Yanyan Ruchyansyah juga mengunjungi acara Reforest Camp yang diadakan oleh Setapak Adventure di Desa Bangun Rejo. Dan malam harinya melihat kunang-kunang di Desa Banding Agung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Related articles

Menparekraf Apresiasi Investasi Pembangunan Amenitas Baru di Sekupang, Batam

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memberikan apresiasi terhadap industri...

Semarakkan Ramadan, GenPI Kota Dumai Gelar Kegiatan Amal

Minggu,31 Maret 2024 - Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Kota Dumai melaksanakan kegiatan berkah di bulan suci ramadan berupa...

Rayakan Ulang Tahun ke-7, Genpi Jateng Gelar Tasyakuran & Buka Puasa Bersama

Semarang, 23 Maret 2024. Generasi Pesona Indonesia Jawa Tengah menggelar kegiatan Tasyakuran dalam memperingati hari jadi Genpi Jateng...

The thrill of white water rafting on the Alas River with Ketambe Adventure | Ketambe Adventure

Ketambe Adventure - Alas River (Lawe Alas) is a river located in Aceh and is the longest river...