Kepala BPHL Wilayah VI Sambangi Gapoktanhut Pujo Makmur Desa Banjaran

Date:

Share post:

Kepala BPHL Wil VI Sambangi Gapoktanhut Pujo Makmur Desa Banjaran Padang Cermin Pesawaran - Yopie Pangkey - 1.jpg
Kepala BPHL Wil. VI, Tuti Alawiyah Lubis, saat mendengarkan penjelasan Keua Gapoktan Pujo Makmur mengnai produk turunan dari Hasil Hutan Bukan Kayu di Dusun Pujo Raharjo, Desa Banjaran, Padang Cermin, Pesawaran, Rabu (01/02/2023). (Foto: Yopie Pangkey)

Kepala Balai Pengelolaan Hutan Lestari (BPHL) Wilayah VI Tuti Alawiyah Lubis menyambangi Gapoktan Pujo Makmur, Rabu (1/2/2023).

Kunjungan ini mengitari kawasan hutan register 20 di Dusun Pujo Raharjo, Desa Banjaran, Padang Cermin, Pesawaran.

“Ini pertama kalinya saya datang ke sini. Kondisinya sangat baik. Saya lihat tutupan lahannya, mulai dari strata bawah, strata sedang, dan strata tinggi, semua bagus.” Ungkap Tuti di Dusun Pujo Raharjo, Rabu (1/2) siang.

- Advertisement -

Baca juga:
* Petani Hutan Desa Banjaran Buat Sabun dan Briket Arang dari Kemiri

“Starata bawah ada kapulaga dan strata tinggi ada kemiri ada durian. Sudah bagus untuk strata tajuk. Sudah terlihat sebagai kawasan hutan yang seharusnya.” Tuti memuji.

Tuti mengungkapkan, BPHL Wilayah VI ingin melihat dari dekat keberhasilan petani hutan Desa Banjaran dalam mengelola dan memanfaatkan hutan lindung.

“Kami insya Allah juga akan memfasilitasi untuk meningkatkan kapasitas SDM Kelompok Tani Hutan di sini.” katanya.

- Advertisement -

“Bisa berupa pelatihan, Bimtek, atau dialog dalam pengolahan Hasil Hutan Bukan Kayu agar bisa memproduksi produk setengah jadi atau produk siap pakai. Sehingga bisa meningkatkan nilai ekonomi HHBK yang dipanen petani dari hutan negara yang mereka kelola,” Tuti menjabarkan.

Untuk bantuan alat ekonomi produktif, dirinya menyampaikan, sudah tidak ada lagi dalam DIPA BPHL Wilayah VI dalam dua tahun terakhir.

“Saya sudah berkomunikasi dengan beberapa UPT, termasuk Balai PSKL. Mudah-mudahan Balai PSKL bisa membantu alat-alat ekonomi produktif untuk Gapoktan di KPH Pesawaran ini. KPH Pesawaran bisa membantu Gapoktan untuk memilah-milah kebutuhan mana yang paling mendesak.” Tuti berharap.

Kepala BPHL Wil VI Sambangi Gapoktanhut Pujo Makmur Desa Banjaran Padang Cermin Pesawaran - Yopie Pangkey - 3
Foto bersama Kepala KPH Pesawaran, Iskandar, dan Gapoktanhut Pujo Makmur. (Foto: Yopie Pangkey)

Saat membahas HHBK, Tuti juga memberi apresiasi kepada para petani hutan yang tergabung dalam Gapoktanhut Pujo Makmur Desa Banjaran yang telah membayar Provisi Sumber Daya Hutan (PSDH).

Hutan Lindung di Dusun Pujo Raharjo sangat produktif. Di strata tajuk tinggi ada kemiri, durian. Strata tajuk tengah ada pinang dan pala. Dan di strata rendah ada kapualaga Tuti mensyukuri, petani hutan Gapoktanhut Pujo Makmur sudah mulai membayar PSDH.

“Membayar PSDH ini sangat penting. Walaupun sangat kecil, itu adalah bagian dari kewajiban pemegang persetujuan. Apa yang sudah dihasilkan dari hutan lindung di sini harus dikembalikan ke negara sebagiannya. Nilainya sangat kecil. Hanya enam persen dikali harga pokok dikali dengan volume.” terangnya.

Terkait dengan ekowisata agroforestri yang dikembangkan oleh Gapoktanhut Pujo Makmur, Tuti juga sangat mendukung kegiatan wisata tersebut.

Baca juga:
* Petani Hutan Desa Banjaran Pesawaran Panen Setiap Bulan dari Agroforestri

“Saya sangat mendukung sekali ekowisata di kawasan hutan lindung ini. Gapoktanhut bisa memanfaatkan HHBK dan Jasa Lingkungan. Jasa Lingkungan bisa berupa kegiatan ekowisata.” Kata Tuti.

“Kami dari BPHL akan selalu mendukung KPH Pesawaran yang selalu mendampingi Gapoktanhut dalam memanfaatkan Jasa Lingkungan. Termasuk di sini adalah kegiatan ekowisata agroforestri.” Pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Related articles

Menparekraf Apresiasi Investasi Pembangunan Amenitas Baru di Sekupang, Batam

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memberikan apresiasi terhadap industri...

Semarakkan Ramadan, GenPI Kota Dumai Gelar Kegiatan Amal

Minggu,31 Maret 2024 - Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Kota Dumai melaksanakan kegiatan berkah di bulan suci ramadan berupa...

Rayakan Ulang Tahun ke-7, Genpi Jateng Gelar Tasyakuran & Buka Puasa Bersama

Semarang, 23 Maret 2024. Generasi Pesona Indonesia Jawa Tengah menggelar kegiatan Tasyakuran dalam memperingati hari jadi Genpi Jateng...

The thrill of white water rafting on the Alas River with Ketambe Adventure | Ketambe Adventure

Ketambe Adventure - Alas River (Lawe Alas) is a river located in Aceh and is the longest river...