Komunitas Solo dan Tim Jalin: ‘Liburan Aman ke Solo Aja’

Date:

Share post:

jalin komunitas solo raya
Tim JALIN bersama komunitas-komunitas di Solo Raya, berdiskusi di resto Ndalem Nglaras Eco Solo, Kamis (04/03) malam. (Foto: Miftahudin Mulfi)

Tim Jalin, langsung gercep dan gaspol berangkat ke Solo, Kamis (04/03/2022). Setelah sebelumnya bertemu dengan komunitas-komunitas di Bandung, Semarang dan Yogyakarta.

Jadwal Java Series Tim JALIN hari keempat ini adalah bertemu dengan komunitas yang ada Solo Raya. Antara lain Paguyuban Solo Raya, GenPI Solo Raya, Putra Putri Solo, Putra Putri Lawu, komunitas dari Sukoharjo, komunitas pelaku seni pesinden Solo Raya, hingga komunitas dari Wonogiri.

Baca juga:
* Bertemu Tim JALIN, Komunitas di Semarang Siap Gaspol!

- Advertisement -

Ketua Umum Genpinas mbak Jhe mengatakan, kegiatan ini masih mengusung misi yang sama. Yaitu membangun silaturahmi dan kolaborasi antara GenPI dan komunitas-komunitas yang ada di Solo Raya.

“Kita angkat kembali pariwisata Indonesia dengan semangat adaptasi, inovasi, dan kolaborasi banyak pihak. Ditambah semangat geber, gercep, dan gaspol,” kata Jhe di resto Ndalem Nglaras Eco Solo, Kamis (04/03) malam.

“Solo Raya memiliki banyak daya tarik wisata, kita harus bangga berwisata di Solo. Juga bangga beragam produk ekonomi kreatif di Solo. Dan jangan lupa belanja produk-produk tersebut,” kata mbak Jhe.

Dan jangan lupa, Jhe menambahkan, selalu laksanakan protokol kesehatan saat berwisata di Solo Raya.

- Advertisement -

“Bagaimanapun pariwisata dan ekraf Kota Solo adalah salah satu unggulan Indonesia” Pungkas Jhe.

Sesi diskusi ini kian ringan ketika Mba Nur, dari komunitas pelaku seni pesinde Solo Raya mengambil perannya sebagai Sinden.

Mbak Nur tampil ciamik menghibur dan memukau seluruh peserta yang hadir.

Sinden sendiri merupakan sebutan wanita yang bernyanyi mengiringi orkestra gamelan yang berperan sebagai satu-satunya penyanyi dalam sebuah kelompok dan tampil melantunkan lagu-lagu Jawa.

Merdunya lagu “Bengawan Solo” yang diusung Mba Nur sekaligus menjadi salah satu titik temu tujuan diskusi malam itu.

Solo memiliki satu keunikan seni yang menjadi nilai jual tinggi untuk dibanggakan dan dipamerkan ke wisatawan.

Hal ini juga diamini oleh Mas Mba Solo, Oliv dan Satria, selaku duta pariwisata Solo Raya yang mengaku sangat senang dengan kehadiran tim JALIN.

“Solo itu paket lengkap, ada banyak destinasi wisata menarik di Solo Raya.” Kata Oliv.

“Ada Pasar Gede Hardjonagoro, Air Terjun Jumog, Candi Ceto, Batu Seribu di Sukoharjo yang unik, Rumah Atsiri Karanganyar, Grojogan Selondo dan Pantai Karangpayung Wonogiri, River Moon Pusur, Umbul Ponggokdan Umbul Cokro Tulung di Klaten, Bendungan Colo di Sukoharjo, dan masih banyak lagi.” Oliv menjelaskan.

Satria menambahkan, wisatawan yang datang bisa mengunduh aplikasi Solo Destination untuk mendapatkan panduan mudah selama berwisata.

Baca juga:
* Temu Komunitas Jogja: Kolaborasi Konten, Pariwisata Jadi Keren

“Aplikasi ini buat semua kalangan,. Selain terdapat informasi panduan wisata juga ada iformasi pelayanan publik, laporan lalu lintas, dan lainnya,” Papar Satria.

“Liburan aman? Ke Solo aja!” Kata Oliv dan Satria dengan kompak, menirukan tagline wisata Solo.

(Penulis Tim Jalin: Efa Butar butar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Related articles

Menparekraf Apresiasi Investasi Pembangunan Amenitas Baru di Sekupang, Batam

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memberikan apresiasi terhadap industri...

Semarakkan Ramadan, GenPI Kota Dumai Gelar Kegiatan Amal

Minggu,31 Maret 2024 - Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Kota Dumai melaksanakan kegiatan berkah di bulan suci ramadan berupa...

Rayakan Ulang Tahun ke-7, Genpi Jateng Gelar Tasyakuran & Buka Puasa Bersama

Semarang, 23 Maret 2024. Generasi Pesona Indonesia Jawa Tengah menggelar kegiatan Tasyakuran dalam memperingati hari jadi Genpi Jateng...

The thrill of white water rafting on the Alas River with Ketambe Adventure | Ketambe Adventure

Ketambe Adventure - Alas River (Lawe Alas) is a river located in Aceh and is the longest river...