Lagawi Fest, Lampung Bangga Wirausaha Industri Satu Bumi Juta Karya

Date:

Share post:

Bangga Buatan Indonesia 2022 Kemenperin Pemprov Lampung - Lagawi Fest - Lampung Bangga Wirausaha Industri Satu Bumi Juta Karya
(Foto: ist)

Kementerian Perindustrian secara konsisten mengangkat beragam potensi kekayaan dan kemampuan industri di tanah air. Termasuk sektor industri kecil dan menengah (IKM).

Hal ini dilakukan untuk mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. Sebuah gerakan yang bertujuan mengajak masyarakat Indonesia semakin bangga dengan membeli, menggunakan dan mengkonsumsi, serta mempromosikan produk-produk lokal berkualitas.

Yang kemudian akan membuat pelaku IKM nasional terus tumbuh dan berkembang.

- Advertisement -

Baca juga:
* Gubernur Arinal Luncurkan Aplikasi SiGajah Lampung, Mudahkan Info ‘Loker’

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, melanjutkan kesuksesan kampanye Bangga Buatan Indonesia tahun lalu, tahun 2022 ini Kemenperin kembali menjadi movement manager Bangga Buatan Indonesia dengan menggandeng Pemerintah Provinsi Lampung.

“Kami mengusung tema Lagawi Fest, dengan tagline Lampung Bangga Wirausaha Industri, Satu Bumi Juta Karya,” kata Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta, Rabu (02/03/2022).

Tema tersebut, kata Menperin Agus, digaungkan untuk menunjukkan semangat IKM Lampung sebagai wirausaha industri yang berdaya saing, dengan segala kreativitas dan keragaman produk lokal yang dihasilkan.

- Advertisement -

“Tema ini sejalan dengan semangat Presidensi G20 Indonesia, yaitu Recover Together, Recover Stronger,” Kata Menperin.

Sejak diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 14 Mei 2020, Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia menjadi program kontinyu untuk meningkatkan jumlah unit artisan Indonesia, baik UMKM dan IKM.

Program ini dijalankan secara kolaboratif dengan melibatkan kementerian dan lembaga, pemerintah daerah, top brands, media massa, dan stakeholder lainnya.

“Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia ini ditargetkan dapat mendongkrak jumlah artisan Indonesia dari 11,7 juta menjadi 30 juta UMKM dan IKM pada tahun 2023,” sebut Menperin.

serta untuk meningkatkan permintaan terhadap produk ekonomi kreatif buatan artisan Indonesia,” imbuhnya.

Hingga akhir 2021, Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia telah menghasilkan 9,2 juta unit UMKM on boarding atau memiliki akun digital, dan 17,2 juta UMKM berhasil masuk ke dalam ekosistem digital.

Gerakan ini menyasar artisan Indonesia, pelaku UMKM atau IKM yang memiliki produk dan jasa dengan nilai tambah dan kualitas tinggi, keunikan, atau spesialisasi yang jarang dimiliki oleh pesaing negara lain.

Lagawi Fest 2022

Direktur Jendereal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Reni Yanita mengungkapkan, konsep Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia 2022 berbeda dari tahun sebelumnya.

Dengan lokus di Provinsi Lampung, Kemenperin akan menjaring IKM Lampung terbaik yang berhak mendapatkan pendampingan wirausaha industri dan beragam reward.

Upaya ini selaras dengan program e-Smart IKM sebagai salah satu strategi implementasi peta jalan Making Indonesia 4.0 di sektor IKM.

“Kami membuka pendaftaran melalui website esmartikm.id, yang kemudian akan dikurasi menjadi 30 IKM terpilih untuk diberikan pendampingan, dan dievaluasi berdasarkan capaian hasil penjualan untuk mendapatkan 5 IKM championsebagai lesson learned bagi IKM lainnya.” papar Reni.

“Ini bentuk perhatian dan dukungan pemerintah untuk mengangkat IKM-IKM hebat di Lampung,” Ia menegaskan.

Pendaftaran IKM untuk Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia di Lampung ini dibuka hingga 7 Maret 2022.

30 IKM terpilih akan diumumkan saat kick off Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia 2022 #LagawiFest pada 17 Maret 2022.

Selanjutnya, selama 3 bulan berikutnya, 30 IKM tersebut akan mengikuti pendampingan literasi digital, pengembangan bisnis, dan pelatihan pengembangan produk (kemasan, Kekayaan Intelektual, standardisasi, hingga kualitas produk).

“Sebanyak 30 IKM terpilih ini akan dievaluasi dan dinilai dari capaian kenaikan omsetnya dan perbaikan pengelolaan manajemen perusahaan antara sebelum dan sesudah mengikuti pendampingan,” imbuh Reni.

Sementara itu, 5 IKM champion yang berhasil meningkatkan transaksi penjualan dan omsetnya, akan didampingi dalam hal promosi produk, fasilitasi digital marketing, pameran, dan pendampingan teknologi 4.0.

Baca juga:
* PLN Bangun Insfrastruktur Kelistrikan Tegangan Menengah di Pulau Pasaran Bandar Lampung

Serta memiliki kesempatan untuk ikut serta dalam Bangga Buatan Indonesia Award. Adapun program harvesting ini rencananya dilaksanakan pada medio Juni 2022.

“Selain itu, IKM dari wilayah lain dapat pula bergabung dalam program e-Smart IKM reguler yang terbuka bagi seluruh IKM di Indonesia. Pendaftarannya telah dibuka sejak Februari hingga Juni 2022 melalui esmartikm.id,” pungkas Reni.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Related articles

Keindahan Puncak Gagoan, Objek Wisata di Solok Dengan Pemandangan Menakjubkan

Yuk bagi kalian yang doyan dengan wisata jelajah nan ekstrem, Puncak Gagoan bisa menjadi salah satu wishlist yang...

Pesona Batu Patah Payo, Wisata Kebun Bunga Cantik di Pinggir Kota Solok

Kota kecil di bagian barat pulau sumatera tepatnya di Kota Solok menyimpan banyak keindahan-keindahan yang tersembunyi, keindahan yang...

SPECTRM Bali, Semangat Desa Wisata Penglipuran Untuk Kembangkan Atraksi dan Event

Desa Penglipuran Bali telah memiliki world class reputasi sebagai desa wisata terbersih di dunia. Kunjungan ke Penglipuran terus...

SPECTRM Bali Dukung Pengembangan Atraksi Hutan Bambu Desa Wisata Penglipuran

Desa wisata Penglipuran dikenal sebagai desa wisata terbersih di dunia. Selain itu desa Penglipuran memiliki keunikan dalam tata...