Lampung Sundanese Art Festival 2023, Jadi Ajang Promosi Budaya dan Wisata

Date:

Share post:

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi Buka Lampung Sundanese Art Festival LSAF 2023 3 @
Gubernur Lampung Arinal Djunaidi saat menaiki sisingaan menuju lokasi acara Sundanese Art Festival (LSAF) tahun 2023 di Ngambur, Pesisir Barat. (Foto: Yopie Pangkey)

Suasana kehangatan dan syukur menyelimuti Pantai Way Batang, Kecamatan Ngambur, Pesisir Barat saat Lampung Sundanese Arts Festival (LSAF) VII Tahun 2023 resmi dibuka oleh Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, pada Jumat (21/07/2023). Acara yang dinantikan dengan penuh antusiasme ini mengusung semangat mempertahankan identitas Sunda di Lampung sekaligus mempererat ikatan keakraban melalui tradisi khas yang tak pernah luntur.

Dalam diri orang Sunda di Lampung, terdapat prinsip teguh yang dijunjung tinggi: “di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung.” Nilai kearifan lokal inilah yang tetap melekat erat, tak menyurutkan semangat mereka dalam merayakan Lampung Sundanese Arts Festival yang ke tujuh . Sebagai ajang yang menggabungkan kekayaan budaya Sunda dengan nuansa Lampung, LSAF VII Tahun 2023 hadir sebagai bukti nyata cinta akan warisan leluhur dan semangat kebersamaan.

Baca juga:
* Menghidupkan Kembali Wisata Mangrove Pandan Alas Sriminosari Lamtim

- Advertisement -

Dengan mengambil tempat di indahnya Pantai Way Batang, pesisir Lampung yang memesona, LSAF VII Tahun 2023 menjadi momen magis di mana seni dan kebudayaan bergandengan tangan dalam kebersamaan yang memikat mata dan mengalun di hati. Bukan hanya sekadar perayaan seni biasa, tetapi festival yang mampu menggetarkan emosi dan mengekalkan keakraban antara orang Sunda dan masyarakat Lampung.

Dalam pidato hangatnya, Gubernur Arinal Djunaidi mengungkapkan ungkapan terima kasih dan penghargaan atas penyelenggaraan LSAF VII Tahun 2023. Acara yang bertujuan untuk menyatukan kolaborasi budaya Sunda dan Lampung ini membawa harapan besar untuk membangkitkan semangat seni dan kebudayaan di Provinsi Lampung, terutama di wilayah Pesisir Barat yang menjadi tuan rumah penuh kebanggaan.

“Kita patut bersyukur kepada Allah SWT atas limpahan rahmat dan nikmat-Nya, sehingga kita dapat bersama-sama ikut serta dalam acara Lampung Sundanese Arts Festival VII dalam keadaan sehat wal’afiat,” ucap Gubernur Arinal Djunaidi.

Acara budaya yang digelar per dua tahun sekali ini menarik perhatian warga Lampung dan pecinta seni dari berbagai daerah. LSAF menjadi wadah untuk memperkuat persaudaraan dan hubungan tali silaturahmi antara warga Lampung yang berasal dari Jawa Barat serta menyajikan wacana seni budaya Provinsi Lampung.

- Advertisement -

Selain itu, festival ini juga berperan dalam melestarikan dan mempromosikan seni budaya tradisi dan adat istiadat Sunda, sehingga berpotensi meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Provinsi Lampung dan berdampak positif pada kesejahteraan masyarakat setempat.

“Pemerintah Provinsi Lampung memiliki komitmen yang kuat untuk terus mendorong dan memberdayakan potensi budaya, agar tetap lestari dan dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. ‘Lampung Kaya Festival’ menjadi salah satu dari 33 agenda kerja kami untuk mewujudkan ‘Rakyat Lampung Berjaya’,” tambah Gubernur Arinal Djunaidi.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur juga mengajak seluruh peserta dan masyarakat Lampung untuk berkolaborasi, berinovasi, dan beradaptasi dengan kondisi saat ini serta menyesuaikan dengan tren seni terkin, sehingga potensi seni dan budaya yang ada di Provinsi Lampung dapat terus dibangkitkan dan dimanfaatkan secara kreatif untuk mengembangkan ekonomi kreatif daerah.

Dengan diselenggarakannya LSAF VII Tahun 2023, Pemerintah Provinsi Lampung menunjukkan keseriusannya dalam melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai budaya Sunda, serta menguatkan keberagaman budaya sebagai bagian penting dari identitas nasional, khususnya di wilayah Provinsi Lampung.

Gubernur juga berharap agar kegiatan yang diikuti oleh berbagai komunitas seni dan budaya, baik dari dalam maupun luar Provinsi Lampung ini bisa memberikan dampak positif bagi perkembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Provinsi Lampung, sambil tetap menjunjung tinggi nilai-nilai budaya dan kearifan lokal yang menjadi aset tak ternilai bagi masyarakat Lampung.

Sementara itu Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal mengatakan bahwa meskipun berbeda suku, namun masyarakat Lampung tetap saling hormat-menghormati dan dapat menjaga kerukunan.

“Masyarakat Lampung, apapun sukunya, kalau sudah kompak, apapun yang kita cita-citakan bersama pasti dapat terlaksana, oleh karenanya saya juga mengucapkan selamat datang kepada orang sunda yang datang dari seluruh Lampung di Kabupaten Pesisir Barat, selamat berlomba dan selamat manikmati keindahan pariwisata yang ada di Pesisir Barat,” tutupnya.

Baca juga:
* Datang ke Krui Pro 2023, Sekalian Mampir ke TNBBS Yuk!

Lampung Sundanese Arts Festival (LSAF) VII Tahun 2023 sukses menyatukan semangat mempertahankan identitas Sunda di Lampung dan mempererat ikatan keakraban melalui tradisi khas . Acara yang dibuka oleh Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi ini, menjadi panggung yang menggabungkan kekayaan budaya Sunda dan Lampung, melestarikan tradisi dan mempromosikan budaya tradisional.

Meskipun berbeda suku, masyarakat Lampung tetap saling menghormati dan menjaga kerukunan. Lampung Sundanese Art Festival (LSAF) VII Tahun 2023 ini menjadi panggung memikat yang menguatkan keberagaman budaya sebagai bagian identitas nasional di Provinsi Lampung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Related articles

Keindahan Puncak Gagoan, Objek Wisata di Solok Dengan Pemandangan Menakjubkan

Yuk bagi kalian yang doyan dengan wisata jelajah nan ekstrem, Puncak Gagoan bisa menjadi salah satu wishlist yang...

Pesona Batu Patah Payo, Wisata Kebun Bunga Cantik di Pinggir Kota Solok

Kota kecil di bagian barat pulau sumatera tepatnya di Kota Solok menyimpan banyak keindahan-keindahan yang tersembunyi, keindahan yang...

SPECTRM Bali, Semangat Desa Wisata Penglipuran Untuk Kembangkan Atraksi dan Event

Desa Penglipuran Bali telah memiliki world class reputasi sebagai desa wisata terbersih di dunia. Kunjungan ke Penglipuran terus...

SPECTRM Bali Dukung Pengembangan Atraksi Hutan Bambu Desa Wisata Penglipuran

Desa wisata Penglipuran dikenal sebagai desa wisata terbersih di dunia. Selain itu desa Penglipuran memiliki keunikan dalam tata...