Luncurkan KEN dan Sportive 2023, Kemenparekraf Gaungkan Gerakan Nasional Bangga Berwisata Di Indonesia

Date:

Share post:

Seremonial launching KEN 2023 (Foto oleh @Subhansulaiman)


Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf) meluncurkan Karisma Event Nusantara (KEN) 2023 pada Sabtu (28/01/2023) bertempat di Plaza Keong Emas Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Berbeda dengan peluncuran KEN pada tahun sebelumnya, pada tahun 2023 ini peluncuran KEN dilaksanakan secara terbuka untuk umum sehingga dapat dihadiri oleh masyarakat luas.

Panggung Hiburan di Plaza Keong Emas TMII (Foto oleh @Subhansulaiman)

Dalam KEN Festival 2023, selain sebagai kegiatan seremonial peluncuran 110 event pariwisata dan ekonomi kreatif pilihan dari seluruh Indonesia, juga turut menghadirkan beragam hiburan dan mini showcase event dari festival yang akan berlangsung di tahun 2023. Beberapa festival atau kegiatan pariwisata yang juga turut dihadirkan dalam KEN Festival 2023 adalah Jember Fashion Festival, Tomohon International Flower Festival, Festival Pacu Jalur, L’Etape Indonesia serta beragam hiburan lainnya.

Dalam kegiatan seremonial peluncuran KEN 2023, Presiden Joko Widodo yang memberikan sambutan secara virtual dengan optimis menyatakan bahwa tahun 2023 akan menjadi momen kebangkitan pariwisata Indonesia, terlebih dengan telah diluncurkannya Gerakan Nasional Bangga Berwisata Di Indonesia (BBWI) yang diharapkan dapat menggenjot pergerakan Wisatawan Nusantara.

- Advertisement -

“Tahun ini, akan menjadi momen kebangkitan Pariwisata Indonesia, waktu yang sangat baik untuk bangkit. Menggenjot sekencang-kencangnya pertumbuhan sektor pariwisata Indonesia. Kita telah meluncurkan Gerakan Nasional Bangga Berwisata Di Indonesia, untuk mengajak lebih banyak masyarakat berwisata di dalam negeri, mendongkrak pertumbuhan wisatawan nusantara hingga dua kali lebih banyak dari tahun sebelumnya”, ungkap Jokowi.

Sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno juga turut mengharapkan agar KEN pada akhirnya mampu menggerakkan perekonomian masyarakat daerah seperti apa yang telah dirasakan pada pelaksanaan KEN tahun-tahun sebelumnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno bersama tamu undangan. (Foto oleh @Subhansulaiman)

Melihat data dan dampak pelaksanaan KEN pada tahun sebelumnya terhadap UMKM, Pergerakan Wisatawan Nusantara dan Keterbukaan Lapangan Kerja, Sandiaga berharap agar KEN 2023 ini mampu menjadi program yang tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat waktu. 

“Di KEN tahun (2023) ini, kita belajar dari pelaksanaan KEN tahun (2022) lalu. 3 juta pergerakan wisatan, 11 ribu UMKM, dan 55 ribu pelaku seni/event telah terberdayakan dan 250 asosiasi dan komunitas” Ungkap Sandiaga di hadapan para tamu undangan yang merupakan perwakilan pemerintah provinsi, pemerintah pusat serta asosiasi pariwisata dan ekonomi keratif.

- Advertisement -

Dalam sambutannya, Sandiaga juga turut mengungkapkan 5 poin penting yang dijadikan penilaian bagi ribuan event yang ada di 38 provinsi di Indonesia.

“Pada tahun 2023, KEN menghadirkan 110 event yang telah dikurasi dari 38 Provinsi di Indonesia. Dengan 5 bidang penilaian yaitu Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Inovasi dan Kreativitas, Manajemen Event, Strategi Komunikasi, serta Pengembangan Bisnis dan Pemasaran.” Ucap Sandiaga

Selain itu, dalam sambutannya Sandiaga juga mengungkapkan adanya hal baru yang akan diluncurkan pada KEN 2023 ini. Di mana event yang akan diluncurkan akan terbagi menjadi KEN (Karisma Event Nusantara) dan SPORTIVE yang merupakan klasifikasi khusus untuk Sports, Music & Creative Event.  

“Untuk tahun ini, sekarang kita bagi. Sekarang ada yang Namanya SPORTIVE, yaitu klasifikasi khusus untuk Sport, Music dan Creative Event. Kita ingin kunjungan wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara semakin berkualitas dan memberikan dampak ekonomi sebagai kebanggaan negara. Sportive dan KEN akan kita luncurkan hari ini, dan melalui inovasi, adaptasi dan kolaborasi  Kita Bangga Berwisata di Indonesia” Lanjutnya.

Sebagai penutup dalam sambutannya, Sandiaga tak lupa mengajak para pihak untuk turut berkolaborasi untuk menyukseskan pelaksanaan KEN dan Sportive 2023 untuk mencapai target terciptanya 4.4 juta lapangan kerja sebagai bagian dari kebangkitan ekonomi Indonesia.

“Dan saya ingin mengingatkan kita semua untuk 3G, Gercep (Gerak Cepat), Geber (Gerak Bersama) dan Gaspol (Garap Potensi Lokal), mari kita gaungkan promosi KEN dan Sportive. Ayo kita bekerja bersama, kita ciptakan 4.4 juta lapangan kerja, sebagai bagian dari kebangkitan Ekonomi kita”, tutup Sandiaga.

Setelah sambutan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, kegiatan selanjutnya dilanjutkan dengan seremonial peluncuran KEN dan Sportive 2023 serta penampilan beragam hiburan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Related articles

Keindahan Puncak Gagoan, Objek Wisata di Solok Dengan Pemandangan Menakjubkan

Yuk bagi kalian yang doyan dengan wisata jelajah nan ekstrem, Puncak Gagoan bisa menjadi salah satu wishlist yang...

Pesona Batu Patah Payo, Wisata Kebun Bunga Cantik di Pinggir Kota Solok

Kota kecil di bagian barat pulau sumatera tepatnya di Kota Solok menyimpan banyak keindahan-keindahan yang tersembunyi, keindahan yang...

SPECTRM Bali, Semangat Desa Wisata Penglipuran Untuk Kembangkan Atraksi dan Event

Desa Penglipuran Bali telah memiliki world class reputasi sebagai desa wisata terbersih di dunia. Kunjungan ke Penglipuran terus...

SPECTRM Bali Dukung Pengembangan Atraksi Hutan Bambu Desa Wisata Penglipuran

Desa wisata Penglipuran dikenal sebagai desa wisata terbersih di dunia. Selain itu desa Penglipuran memiliki keunikan dalam tata...