Masuk 50 Besar ADWI 2022, Desa Wisata Pahawang Harus Tingkatkan Kualitas

Date:

Share post:

Desa Wisata Pulau Pahawang Pesawaran Lampung - @astridmarethaa 2
(Foto: @astridmarethaa)

Desa Wisata Pulau Pahawang, satu dari 3419 Desa Wisata se-Indonesia, masuk dalam 50 besar desa wisata terbaik nasional mewakili Kabupaten Pesawaran dan Provinsi Lampung dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Atas capain itu, Dendi mengingatkan agar Desa Wisata Pahawang lebih termotivasi untuk lebih meningkatkan kualitasnya.

Baca juga:
* Disparekraf Lampung Adakan Pelatihan dan Uji Kompetensi Bagi Pemandu Wisata

- Advertisement -

“Saya berharap raihan ini bisa menjadi motivasi untuk terus mengembangkan desa wisata yang berkualitas dan berkelanjutan. Baik itu warga Desa Pahawang dan desa-desa lain di Pesawaran.” Ujar Bupati Dendi , Senin (29/5)

“Berdayakan sumber daya desa yang ada, sempurnakan 7 indikator yang harus dipenuhi sebagai desa wisata. Karena nanti akan ditinjau secara langsung oleh mas Menteri Sandiaga Uno. Serta akan kedatangan tim juri ADWI 2022.” Dendi mengingatkan.

Warga Desa Wisata Pahawang, Dendi menambahkan, bisa terus berkreasi membangun desanya.

“Ambil peran sesuai kapasitas masing-masing, tingkatkan kolaborasi unsur-unsur pentabelix, gairahkan pariwisata Desa Wisata Pahawang dan pariwisata Kabupaten Pesawaran pada umumnya.” Ujarnya.

- Advertisement -

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pesawaran Ketut Partayasa menyampaikan, setelah masuk 50 besar desa wisata terbaik ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022, tahapan selanjutnya adalah kunjungan langsung dewan juri dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

“Menparekraf dan dewan juri akan segera berkunjung ke Desa Wisata Pulau Pahawang. Tujuannya untk melihat secara langsung tujuh indikator penilaian ADWI 2022,” Ketut Partayasa menjelaskan.

“Tujuh indikator tersebut antara lain kelembagaan desa wisata, daya tarik, home stay, Souvernir, digital dan kreatif, toilet umum, dan CHSE,” jabarnya.

“Tahapan akhir kunjungan langsung ini yang akan menentukan juara ADWI 2022.” pungkas Ketut.

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi, Dinas Pariwisata Kabupaten Pesawaran Yudiana memaparkan, pihaknya telah berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas indikator-indikator penilaian ADWI 2022 di Desa Wisata Pahawang.

“Kami terus mendampingi Pokdarwis Pahawang untuk meningkatkan kapasitas mereka dalam mengelola indikator-indikator penilaian,” Terang Yudiana.

Baca juga:
* Kadishut Lampung Nikmati Wisata Berkualitas di Desa Batu Raja Pesawaran

“Dengan momen masuk dalam 50 besar desa wisata terbaik ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022 ini tentunya nama Desa Wisata Pulau Pahawang akan dikeal lebih luas lagi di level nasional.” Yudiana menambahkan.

“Kualitas desa wisata meningkat, jumlah kunjungan wisatawan meningkat, wisatawan puas, pariwisata Desa Wisata Pulau Pahawang bisa berkelanjutan.” Tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Related articles

SPECTRM Borobudur Series, Dorong Lahirnya Event Berkelanjutan

Super Priority Event Creator Camp (SPECTRM), kegiatan yang merupakan kolaborasi antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dengan...

SPECTRM, Kolaborasi GenPI dan Kemenparekraf Tingkatkan Kualitas Event dan Atraksi

Generasi Pesona Indonesia (GenPI) berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menginisiasi sebuah program pelatihan peningkatan kualitas...

HUT ke-44 Dekranas: Iriana Jokowi Tambil Elegan dengan Kebaya Berhias Benang Tapis

Ibu Negara Iriana Jokowi tampil anggun saat hadir dalam acara Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-44 Dewan Kerajinan...

Menparekraf Apresiasi Investasi Pembangunan Amenitas Baru di Sekupang, Batam

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memberikan apresiasi terhadap industri...