Menparekraf Sandiaga: Tes Pramusim MotoGP 2022 di Mandalika Sukses

Date:

Share post:

Tes pramusim MotoGP Februari 2022 di Sirkuit Mandalika Lombok Tengah - Ryiadhy BN InfoPublik
(Foto: Ryiadhy BN InfoPublik)

Seluruh proses dalam Tes pramusim MotoGP berjalan dengan lancar dalam 3 hari penyelenggaraan. Seluruh pembalap dari berbagai negara telah tampil maksimal pada 11-13 Februari 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Tes pramusim MotoGP secara keseluruhan di Mandalika sukses digelar,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, Senin (14/2/2022).

Namun demikian pemerintah tidak berhenti berbuat begitu saja. Dari gelaran tes pramusim MotoGP 2022 ini, pemerintah akan melakukan serangkaian peningkatan kembali terhadap 3 sektor. Yaitu peningkatan jalur sirkuit, persiapan transportasi dan akomodasi.

- Advertisement -

Baca juga:
* Sandiaga Uno: Kemenparekraf Siap Gerak Cepat Wujudkan Danau Toba Sebagai Destinasi Unggulan

Sandiaga menjabarkan, hal ini didasari oleh sejumlah masukan yang diterima pemerintah terkait dengan penyelenggaraan tes pramusim selama tiga hari tererbut.

Untuk menghadapi penyelenggaraan seri kedua MotoGP 2022 mendatang dengan nama Pertamina Grand Prix of Indonesia pada 18-20 Maret.

“Terkait dengan track, persiapan transportasi, dan akomodasi akan ditingkatkan,” Imbuh Sandiaga.

- Advertisement -

Dari ajang balap motor berskala internasional ini, lanjut Sandiaga, akan memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar. Sehingga kelancaran ajang tersebut menjadi penting.

Dan diperkirakan akan ada perputaran uang senilai Rp500 miliar di wilayah penyelenggaraan ajang itu.

Selain itu, sekitar 50 ribu tenaga kerja baru pun akan terserap pada setiap ajang balapan internasional yang akan diselenggarakan di Mandalika dalam beberapa waktu mendatang.

“Bisa mendatangkan keuntungan yang mencapai Rp500 miliar pada balapan yang diselenggarakan,” tuturnya.

Kawasan Mandalika, ungkap Sandi, juga akan dijadikan sebagai salah tempat penyelenggaraan side event gelaran Presidensi G20.

Pilihan tempat itu, didasarkan karena letaknya yang berdekatan dengan Bali sebagai tempat puncak diadakannya Presidensi G20.

“Mandalika akan dijadikan sebagai tempat side event yang berkaitan dengan empower dan sustainability gelaran G20,” katanya.

Baca juga:
* Genpi Yakin MotoGP Mandalika Bisa Bangkitkan Pariwisata Indonesia

Pada hari ini, Minggu (13/02), Pebalap Tim Repsol Honda, Pol Espargaro membukukan waktu tercepat, 1 menit 31,060 detik. Capaian waktu Espargaro tersebut untuk sementara menjadi rekor baru di sirkuit pendatang baru ini.

Pada hari sebelumnya, hari kedua tes pramusim, Luca Marini mencatatkan waktu 1:31,289 detik. Lebih cepat dari yang ia catatkan pada hari pertama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Related articles

Keindahan Puncak Gagoan, Objek Wisata di Solok Dengan Pemandangan Menakjubkan

Yuk bagi kalian yang doyan dengan wisata jelajah nan ekstrem, Puncak Gagoan bisa menjadi salah satu wishlist yang...

Pesona Batu Patah Payo, Wisata Kebun Bunga Cantik di Pinggir Kota Solok

Kota kecil di bagian barat pulau sumatera tepatnya di Kota Solok menyimpan banyak keindahan-keindahan yang tersembunyi, keindahan yang...

SPECTRM Bali, Semangat Desa Wisata Penglipuran Untuk Kembangkan Atraksi dan Event

Desa Penglipuran Bali telah memiliki world class reputasi sebagai desa wisata terbersih di dunia. Kunjungan ke Penglipuran terus...

SPECTRM Bali Dukung Pengembangan Atraksi Hutan Bambu Desa Wisata Penglipuran

Desa wisata Penglipuran dikenal sebagai desa wisata terbersih di dunia. Selain itu desa Penglipuran memiliki keunikan dalam tata...