Mudik Penuh Pesona, Kunjungi 10 Tempat Wisata Bandar Lampung Selain Pantai

Date:

Share post:

Masyarakat Indonesia selalu menantikan libur mudik lebaran setiap tahunnya. Namun, jika selalu menghabiskan liburan dengan cara yang sama setiap tahunnya bisa menjadi membosankan. Jika mencari tempat wisata selain laut, Bandar Lampung adalah pilihan yang menarik. Kota ini menawarkan berbagai macam tempat wisata yang menarik dan bisa menjadi alternatif untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kadis Parekraf) Provinsi Lampung mengatakan, libur lebaran akan semakin berkesan bila disempatkan berwisata. Mendatangi tempat-tempat baru selain laut, membuat libur lebaran 2023 semakin seru.

“Bandar Lampung memiliki objek wisata beragam. Mulai dari wisata sejarah, wisata alam, wisata buatan, dan lainnya.” ujar Kadis Parekraf Bobby Irawan, Sabtu (19/4).

- Advertisement -

Baca juga:
* Gak Mudik? 5 Ide Ini Buat Libur Lebaran di Bandar Lampung Lebih Seru

“Silakan agendakan berwisata selama libur lebaran. Sayang sekali bila melewatkan tempat bagus yang ada di Bandar Lampung begitu saja,” tambahnya.

Berikut ini 10 tempat wisata di Kota Bandar Lampung selain pantai.

Museum Lampung

Koleksi Museum Lampung - Wisata Bandar Lampung selain pantai -Yopie-Pangkey
(Foto: Yopie Pangkey)

Museum Lampung berada di Jalan ZA. Pagaralam, dekat underpass Unila. Tidak jauh dari Universitas Lampung dan terminal Rajabasa.

- Advertisement -

Museum yang dibangun pada tahun anggaran 1978/1979 ini memiliki koleksi benda-benda sejarah dan kebudayaan Lampung yang sangat beragam. Pengunjung dapat melihat berbagai macam koleksi mulai dari arca-arca kuno, pakaian adat, senjata tradisional, alat musik, dan benda-benda sejarah lainnya.

Selain itu, museum ini juga memiliki ruang pameran yang menampilkan berbagai jenis seni rupa seperti lukisan dan patung. Dengan koleksi yang lengkap dan beragam, Museum Lampung menjadi tempat yang penting untuk mengenal lebih jauh tentang sejarah dan budaya Lampung.

Taman Wisata Lembah Hijau

@lembahhijau
(Foto @lembahhijau)

Taman Wisata Lembah Hijau Bandar Lampung adalah salah satu tempat wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Terletak di lereng Gunung Betung, sekitar 3-4 kilometer dari pusat kota. Alamatnya di Jalan Radin Imba Kesuma Ratu, Kampung Sukajadi, Kelurahan Sukadanaham.

Taman wisata ini menyuguhkan suasana yang indah dan tenang, serta udara yang segar. Di dalam taman, pengunjung dapat menikmati berbagai macam aktivitas seperti bersepeda, berjalan-jalan, melihat kebun binatang, atau sekedar menikmati suasana alam sekitar.

Taman ini juga dilengkapi dengan fasilitas seperti gazebo, restoran, dan tempat bermain anak, sehingga cocok untuk dikunjungi bersama keluarga dan teman-teman.

Instagram: @lembahhijau.id

Lengkung Langit Dua

@lengkunglangit.dua
(Foto: @lengkunglangit.dua)

Taman Wisata Lengkung Langit adalah tempat wisata berbasis alam yang menarik untuk dikunjungi. Taman ini berada di pinggiran kota, bersebalahan dengan Penangkaran Rusa Tahura Wan Abdul Rachman. Beralamat di Desa Sumber Agung, Kecamatan Kemiling, Bandar Lampung.

Taman ini memiliki konsep yang unik menyuguhkan pemandangan kota dari ketinggian dengan tambahan wisata kuliner.

Semua sudutnya didesain agar cantik dan tetap serasi dengan alam. Mulai dari jalan setapak, rumah pohon, gapura selamat datang. Serta ada kolam terapi, kolam ikan, rumah ranting, perahu kaca, dan lainnya.

Instagram: @lengkunglangit.dua

Taman Rusa Tahura Wan Abdul Rachman

@kphktahurawanabdulrachman
(Foto: @kphktahurawanabdulrachman)

Taman rusa ini berada di Desa Sumber Agung, Kecamatan Kemiling, Bandar Lampung.

Tempat ini dapat dijangkau dengan mudah dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti taman, arena bermain anak, mushola, dan spot menarik untuk berswafoto. Rusa yang dikembangkan di sini adalah Rusa Timur, karena perawatan yang mudah dan indukannya mudah didapatkan.

Pengunjung dapat berinteraksi dan memberi pakan kepada rusa yang dipelihara di tempat ini. Meskipun koleksi rusa di sini belum terlalu banyak, penangkaran ini memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi pengunjung untuk melihat rusa-rusa tersebut dari dekat.

Instagram: @kphktahurawanabdulrachman

Wira Garden

@dhianafridamuthia
(Foto: @dhianafridamuthia)

Wira Garden Lampung adalah sebuah taman wisata yang terletak di Desa Batu Putuk, Kecamatan Teluk Betung Utara. Tempat ini menawarkan keindahan alam yang memesona dengan berbagai macam tanaman tropis dan fasilitas.

Pengunjung dapat melakukan berbagai macam aktivitas seperti berjalan-jalan, bersepeda, kegiatan outbound, dan menginap di cottage atau tenda di tepi sungai.

Dengan suasana yang menyenangkan dan pemandangan yang indah, Wira Garden menjadi tempat yang tepat untuk bersantai dan menikmati alam di Kota Bandar Lampung.

Instagram: @wiragarden.lampung

Puncak Mas

Puncak Mas Wisata Bandar Lampung selain pantai - Yopie Pangkey
(Foto: Yopie Pangkey)

Puncak Mas Lampung adalah sebuah kawasan wisata yang terletak di Sukadanaham, Kecamatan Tanjung Karang Barat. Dekat dengan Taman Wisata LEmbah Hijau dan Tugu Durian.

Puncak Mas menawarkan pemandangan yang memukau dengan panorama perbukitan dan hamparan hijau yang mengelilinginya. Serta pemandangan kota Bandar Lampung dan Teluk Lampung di kejauhan.

Selain itu, terdapat juga beberapa fasilitas seperti viewing platform, kantin, pondokan. Dengan keindahan alam yang menawan dan berbagai macam aktivitas yang dapat dilakukan, Puncak Mas menjadi salah satu tempat wisata favorit di Lampung.

Instagram: @puncakmas_lampung

Air Terjun Batu Putuk

@yenni_tanjungan
(Foto: @yenni_tanjungan)

Air Terjun Batu Putuk adalah sebuah air terjun yang terletak di Desa Sukada Ham, Kecamatan Tanjungkarang Barat.

Lokasi parkir air terjun ini menawarkan keindahan alam yang memukau dengan pemandangan perbukitan sekitar dan kota Bandar Lampung di kejauhan. Menuju air terjun pengunjung harus menuruni jalan setapak sejauh sekitar 200 meter.

Ukuran air terjun ini memang tidak begitu besar dan tinggi. Namun pengunjung tetap bisa menikmati suasana asri dan tenang. Serta bisa mandi di kolam alami air terjun ini.

Bukit Sakura

Bukit Sakura Kemiling - yopie pangkey
(Foto: Yopie Pangkey)

Bukit Sakura adalah sebuah tempat wisata di Bandar Lampung yang menawarkan pemandangan indah dari atas bukit. Beralamat di Jalan Melati Raya, Langkapura, Kecamatan Langkapura, Kota Bandar Lampung.

Bukit Sakura menawarkan keindahan hiasan bunga sakura tiruan. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan kota Bandar Lampung dari atas bukit yang memberikan panorama yang spektakuler.

Pengunjung juga bisa menikmati berbagai fasilitas di sini, seperti restoran, arena bermain anak, dan spot foto yang instagramable. Dengan keindahan alam dan suasana yang asri, Bukit Sakura bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang cocok untuk dikunjungi di Bandar Lampung.

Instagram: @bukitsakuralampung

Lembah Durian Farm Stable

@Lembah_Durian_Farm_Stable
(Foto: @Lembah_Durian_Farm_Stable)

Lembah Durian Farm Stable adalah tempat wisata peternakan kuda yang terletak di Kedaung, Kecamatan Kemiling, Kota Bandar Lampung.

Pengunjung bisa menikmati suasana alam pedesaan sambil berinteraksi dengan kuda-kuda yang ada di sana. Kuda-kuda di sini merupakan pilihan yang dilatih dengan baik untuk balap dan berkeliling. Pengunjung bisa menunggang kuda di sekitar lembah yang hijau dan asri.

Selain peternakan kuda, di Lembah Durian Farm Stable juga terdapat kebun durian yang bisa dikunjungi dan dinikmati buahnya saat musim panen tiba. Lembah Durian Farm Stable adalah destinasi wisata yang cocok bagi keluarga yang ingin menikmati liburan yang berbeda.

Instagram: @lembah_durian_farm_stable

Bukit Aslan

@isun26
(Foto: @isun26)

Bukit Aslan adalah tempat wisata baru yang berada di Jalan Bukit Aslan No.2, Way Gubak, Sukabumi, Bandar Lampung.

Bukit Aslan adalah sebuah tempat wisata seluas sekitar 10 hektar di ketinggian Bukit Way Gubak Kota Bandar Lampung. Menyuguhkan pemandangan Kota Bandar Lampung, Teluk Lampung, dan perbukitan Pesawaran di kejauhan.

Baca juga:
* Yuk Wisata Healing Saat Mudik Lebaran 2023 di Lampung!

Pengunjung bisa duduk-duduk di berbagai sudut di tempat yang didesain unik dan menarik. Atau duduk-duduk di foodcourtnya untuk menikmati berbagai suguhan makanan dan minuman.

Salah satu ikon di Wisata Bukit Aslan adalah instalasi multidimensi. Sebuah nstalasi seni berbagai bentuk abstarak dengan berbagai ukuran. Dan ada beberapa patung yang diukir dengan beberapa kata dengan kandungan filosofi hidup.

Instagram: @bukitaslan

Demikian tempat wisata di Bandar Lamung selain pantai yang bisa dikunjungi selama libur lebaran 2023. Selamat liburan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Related articles

Menparekraf Apresiasi Investasi Pembangunan Amenitas Baru di Sekupang, Batam

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memberikan apresiasi terhadap industri...

Semarakkan Ramadan, GenPI Kota Dumai Gelar Kegiatan Amal

Minggu,31 Maret 2024 - Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Kota Dumai melaksanakan kegiatan berkah di bulan suci ramadan berupa...

Rayakan Ulang Tahun ke-7, Genpi Jateng Gelar Tasyakuran & Buka Puasa Bersama

Semarang, 23 Maret 2024. Generasi Pesona Indonesia Jawa Tengah menggelar kegiatan Tasyakuran dalam memperingati hari jadi Genpi Jateng...

The thrill of white water rafting on the Alas River with Ketambe Adventure | Ketambe Adventure

Ketambe Adventure - Alas River (Lawe Alas) is a river located in Aceh and is the longest river...