Munas Asosiasi Experiental Learning Indonesia 2022: Aktif dalam Program Merdeka Belajar

Date:

Share post:

Musyawarah Nasional Asosiasi Experiental Learning Indonesia 2022: Aktif dalam Program Merdeka Belajar
Pemotongan tumpeng 15th AELI oleh para Senior Member dan Ketua Umum AELI Bang Jaung

Recover together – Recover stronger,” menjadi tema berkumpulnya puluhan delegasi dan ratusan anggota AELI dari berbagai daerah hadir berkumpul mulai tgl 7-9 Juni 2022 ini di Hotel Atria Magelang Jawa Tengah guna melangsungkan Musyawarah dalam semangat yang sama yakni bangkit bersama memajukan Pariwisata di Indonesia. Sebagai penutup rangkaian Munas, Panitia memilih Balkondes Ngadiharjo menjadi lokasi pengukuhan ketua terpilih sekaligus perayaan Ulangtahun AELI yang hari ini genap berusia 15 thn.

Sebagaimana diketahui bersama, AELI atau Asosiasi Experiential Learning Indonesia adalah asosiasi yang terdiri dari praktisi dan Lembaga yang menggunakan metode Experiential Learning atau pembelajaran berbasis pengalaman dalam aktivitasnya. AELI hingga hari ini sudah memiliki 200-an anggota Lembaga dan 2000-an anggota perseorangan yang tersebar di 16 DPD di seluruh Indonesia.

Ajang Musyarah Nasional yang digelar rutin 3 tahunan ini yang sejatinya menjadi kesempatan terbaik dari masing-masing daerah untuk memilih pimpinan tertinggi baru untuk menjadi nahkoda organisasi dan refreshments berbagai kebijakan yang akan diimplementasikan selama 3 thn kedepan, akhirnya menemukan kata sepakat untuk mengusung kembali Sdr. NURFAHMI sebagai Ketua Umum untuk periode 2022 – 2025.

- Advertisement -

MUNAS yang sudah di gelar ke-6 kali ini menghasilkan sebuah amanah suci yakni menjadi mitra terbaik kementrian Pariwisata yang membinanya dalam pengembangan destinasi berbasis Experiential Tourism dengan inisiasi mengkolaborasikan dengan berbagai stakeholders untuk bergerak bersama yakni ASIDEWI (Asosiasi Desa Wisata Indonesia)
ASPPI (Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia) plus support penyebar luasan berbagai kegiatan Pariwisata yakni GenPI (Generasi Pariwisata Indonesia.

Selain itu amanah MUNAS juga menyebutkan bahwa dalam 3 thn kedepan AELI akan menjadi mitra terbaik Program Kementrian Pendidikan Merdeka Belajar melalui berbagai kegiatan berbasis Experiential Learning yang memang semua anggota AELI ahli di bidang tersebut.

Tentunya kedua amanah tersebut tidak akan sempurna tercapai jika tanpa dukungan SDM yang mumpuni, oleh karena itu amanah ketiga adalah seluruh anggota AELI menjadi mitra terbaik pelaksanaan pengembangan kapasitas SDM berbasis peningkatan karakter melalui metode Experiential Learning.

Semoga Allah SWT memudahkan siapapun yang akan terpilih menjadi pengurus dewan pimpinan pusat mendampingi Ketua Umum terpilih Nurfahmi yang akrab dipanggil Bang Jaung atau BiJe ini membuat kerangka langkah strategis turunan amanah menjadi program-program kerja yang juga akan mendukung visi jangka panjang bangsa ini menuju Indonesia Emas 2045.

- Advertisement -

Bersamaan dengan MUNAS berakhir di tanggal 8 Juni 2022 malam, seluruh delegasi dari DPD bergeser lokasi menuju Balkondes Ngadiharjo naik belasan mobil land rover untuk merayakan ulang tahun berdirinya AELI yang tanggalnya bertepatan dengan hari ini 9 Juni 15 th yang lalu.

Tampak hadir Plt Kadisporapar Jateng dan kepala-kepala dinas pemuda olahraga dan pariwisata Kabupaten se Provinsi Jawa Tengah dan DIY, juga ketua-ketua asosiasi pariwisata baik pusat maupun daerah. Sesaat setelah pemotongan tumpeng acara perayaan HUT AELI oleh 6 dari 7 Pendiri AELI yang kemudian diberikan kepada Ketua Umum terpilih, ditandatangani 3 MoU strategis yang menjadi langkah nyata bahwa AELI serius langsung Gass Poll Ketua Umum ASIDEWI Andi Yuwono, ASPPI Agus Pahlevi dan dengan wakil pimpinan jaringan jasa akomodasi Red Doorz menetapkan pondasi untuk membangkitkan Pariwisata dan SDMnya disaksikan oleh Ketua Umum GenPI Siti Chotijah (Mbak Jhe) serta undangan lainnya seperti PLT Dinas Pariwisata Jawa Tengah juga stakeholders lainnya.

Semakin meriah acara HUT AELI yang juga ditayangkan streaming via IG Experiential.id live dengan performa tarian selamat datang tradisional Magelang juga band yang sebagian penyanyinya juga peserta MUNAS serta pengurus DPP demisioner yang kembali menjadi anggota biasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Related articles

Menparekraf Apresiasi Investasi Pembangunan Amenitas Baru di Sekupang, Batam

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memberikan apresiasi terhadap industri...

Semarakkan Ramadan, GenPI Kota Dumai Gelar Kegiatan Amal

Minggu,31 Maret 2024 - Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Kota Dumai melaksanakan kegiatan berkah di bulan suci ramadan berupa...

Rayakan Ulang Tahun ke-7, Genpi Jateng Gelar Tasyakuran & Buka Puasa Bersama

Semarang, 23 Maret 2024. Generasi Pesona Indonesia Jawa Tengah menggelar kegiatan Tasyakuran dalam memperingati hari jadi Genpi Jateng...

The thrill of white water rafting on the Alas River with Ketambe Adventure | Ketambe Adventure

Ketambe Adventure - Alas River (Lawe Alas) is a river located in Aceh and is the longest river...