Pekon Pemerihan dan Rhino Camp Bikin Kagum Peserta Famtrip TNBBS

Date:

Share post:

Familiarization Trip famtrip pekon pemerihan rhino camp - 20221219_093758@
Peserta Familiarization Trip (famtrip) dari awak media, influencer, dan operator wisata saat berada di Rhino Camp, Senin (19/12/2022). (Foto: dok. Yopie Pangkey)

Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) dan Yayasan Badak Indonesia (YABI) menggelar menggelar Familiarization Trip (famtrip) bagi awak media, influencer, dan operator wisata di Lampung.

Famtrip ini sebagai upaya untuk mengangkat berbagai potensi wisata yang ada di Pekon Pemerihan dan Rhino Camp. Berlangsung selama 3 hari, 18-20 Desember 2022.

Di Rhino Camp, peserta famtrip diajak mengunjungi beberapa titik bunga rafflesia, bunga bangkai, pohon ficus besar. Serta air terjun yang berada tidak jauh dari Rhino Camp.

- Advertisement -

Baca juga:
* Masuk 50 Besar ADWI 2022, Desa Wisata Pahawang Harus Tingkatkan Kualitas

Salah satu kegiatan menarik di Rhino Camp adalah trekking malam. Mencari dan mengamati berbagai hewan yang aktif di malam hari.

Di Pekon Pemerihan, Kabupaten Pesisir Barat, peserta diajak mengunjungi Kelompok Tani Hutan (KTH) Apicalis. Melihat dari dekat proses panen madu dan mencicipi madu langsung dari sarang lebah.

Peserta famtrip juga diajak trekking memasuki kawasan hutan yang berada di bawah pengawasan Resort Pemerihan TNBBS. Mengunjungi menara pantau hewan liar, new trees, rumah pohon, Batu Putih.

- Advertisement -

Trekking ini melintasi Sungai Way Pemerihan Besar dan Pemerihan Kecil.

Selama kegiatan, peserta disuguhkan dengan beragam hidangan khas rumah tangga pedesaan.

Untuk penginapan, peserta tidur di tenda saat bermalam Rhino Camp dan homestay di Pekon Pemerihan.

Sami Muhtarom dari Dinas Pariwisata Provinsi Lampung mengatakan, Rafflesia di Rhino Camp dan Gajah di Resort Pemerihan TNBBS bisa menjadi daya tarik kuat wisata Lampung.

“Rhino Camp dan Pekon Pemerihan sangat layak didatangi wisatawan. Apalagi lokasinya sangat strategis. Dilalui oleh jalur wisata menuju Tanjung Setia dan Krui di Pesisir Barat,” Kata Sami.

“Semoga saja masyarakat lokal di Pekon Sukaraja Tanggamus dan Pekon Pemerihan bisa berkolaborasi dengan stakeholder terkait angkat potensi wisata ini,” Sami berharap.

Arda, kru Lampung Geh (@lampuung), sangat antusias mengkuti semua kegiatan dari awal hingga akhir.

“Saya baru tahu ternyata Lampung memiliki banyak sekali bunga rafflesia. Dan ternyata Pesisir Barat juga terdapat gajah jinak untuk mengatasi konflik gajah-manusia di Resort Pemerihan TNBBS.” Kata Arda.

“Terima kasih Balai Besar TNBBS dan Yayasan Badak Indonesia yang sudah memberikan kami kesempatan berkunjung ke Rhino Camp dan Pekon Pemerihan,” Ucapnya.

Baca juga:
* BPDASHL WSS Gelar Camping RHL di Bukit Kendeng, Bangun Semangat KTH dan Pokdarwis

Famtrip ini diikuti oleh jurnalis dari Tribun Lampung, Kumparan Lampung, wartaniaga.id, Lappung.com. Dari influencer antara lain; @lampungdirectory, @lampuung, @kelilinglampung_, dan Genpi Nasional.

Juga diikuti oleh tour operator Avonturin dan Restu Bumi Adventure. Serta Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Lampung dan Dinas Pariwisata Provinsi Lampung dan Dinas Pariwisata Kabupaten Pesisir Barat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Related articles

SPECTRM Borobudur Series, Dorong Lahirnya Event Berkelanjutan

Super Priority Event Creator Camp (SPECTRM), kegiatan yang merupakan kolaborasi antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dengan...

SPECTRM, Kolaborasi GenPI dan Kemenparekraf Tingkatkan Kualitas Event dan Atraksi

Generasi Pesona Indonesia (GenPI) berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menginisiasi sebuah program pelatihan peningkatan kualitas...

HUT ke-44 Dekranas: Iriana Jokowi Tambil Elegan dengan Kebaya Berhias Benang Tapis

Ibu Negara Iriana Jokowi tampil anggun saat hadir dalam acara Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-44 Dewan Kerajinan...

Menparekraf Apresiasi Investasi Pembangunan Amenitas Baru di Sekupang, Batam

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memberikan apresiasi terhadap industri...