Peringati Hari Peduli Sampah Nasional, GenPI Bitung Gelar Aksi Bersih-Bersih Perairan Selat Lembeh

Date:

Share post:



BITUNG – Hari Peduli Sampah Nasional, yang diperingati setiap 21 Februari, merupakan momen penting bagi masyarakat Indonesia. Tujuan dari peringatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah.

Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Kota Bitung dalam rangka memperingati Hari Sampah Nasional melaksanakan giat bersih-bersih sampah daerah pesisir Pantai Kelurahan BatuLubang Pulau Lembeh. Sabtu (24/02/2024).

- Advertisement -

Beberapa karung sampah dari berbagai jenis dipungut dari perairan di kawasan perairan Selat Lembeh.

Kegiatan ini diikuti juga beberapa perwakilan dari kelurahan setempat seperti Aparat Pemerintah, Penatua Pemuda, Penatua Remaja bersama adik-adik remaja, para nelayan dan sebagian juga pelaku-pelaku UMKM dan di fasilitasi juga lurah setempat dalam hal ini Ibu. Nolance Papingka, S.Pd.

Ketua GenPI Bitung, Franklin Valen selaku penginisiasi kegiatan bersih-bersih tersebut mengungkapkan kepedulian terhadap permasalahan sampah.

“Ini kali pertama GenPI Bitung terlibat bersama beberapa Pemerhati Lingkungan dan Pariwisata dalam menunjukkan kepedulian dengan Selat Lembeh,” tuturnya.

- Advertisement -

“Kami GenPI Kota Bitung melaksanakan kegiatan ini atas kepedulian terhadap permasalahan sampah, terutama sampah berbahan plastik masih menjadi salah satu permasalahan besar di berbagai wilayah di Indonesia,” ujarnya.

Ia menambahkan, masyarakat disini juga terkesan baik dan ramah kepada orang lain.

“Kami GenPI Bitung sangat bersyukur dan berterima kasih atas selesainya kegiatan ini, saya pribadi tidak lupa mengucapkan terima kasih atas kesempatan dan keterlibatan teman-teman GenPI dalam kegiatan ini,” ungkapnya.

Ia pun menambahkan harapannya bagi kelestarian alam yang ada di kota Bitung.

“Harapan kedepan semoga kita bisa saling menjaga alam ini dan juga melestarikan wisata yang ada di Pulau ini dan mempertahankan apa yang sudah ada di tempat ini,” tandasnya.

Diketahui, Kota Bitung di Sulawesi Utara berhasil meraih pencapaian sebagai kota terbersih di urutan teratas dengan keberhasilannya dalam meraih penghargaan Adipura Kencana.

Selama ini Bitung telah berhasil meraih penghargaan Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup sebanyak empat kali.

——
Penulis: Sian Langi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Related articles

Keindahan Puncak Gagoan, Objek Wisata di Solok Dengan Pemandangan Menakjubkan

Yuk bagi kalian yang doyan dengan wisata jelajah nan ekstrem, Puncak Gagoan bisa menjadi salah satu wishlist yang...

Pesona Batu Patah Payo, Wisata Kebun Bunga Cantik di Pinggir Kota Solok

Kota kecil di bagian barat pulau sumatera tepatnya di Kota Solok menyimpan banyak keindahan-keindahan yang tersembunyi, keindahan yang...

SPECTRM Bali, Semangat Desa Wisata Penglipuran Untuk Kembangkan Atraksi dan Event

Desa Penglipuran Bali telah memiliki world class reputasi sebagai desa wisata terbersih di dunia. Kunjungan ke Penglipuran terus...

SPECTRM Bali Dukung Pengembangan Atraksi Hutan Bambu Desa Wisata Penglipuran

Desa wisata Penglipuran dikenal sebagai desa wisata terbersih di dunia. Selain itu desa Penglipuran memiliki keunikan dalam tata...