Perkuat Kualitas Destinasi, Disparbud Jawa Barat Gandeng Genpi Lakukan Famtrip

Date:

Share post:

Jelang akhir tahun 2023 Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat menggelar Familiarization Trip di beberapa destinasi di Jawa Barat dengan menggandeng Generasi Pesona Indonesia sebagai peserta kegiatan. Kegiatan Familiarization Trip atau lebih dikenal dengan nama Famtrip ini akan berlangsung pada 30 November hingga 03 Desember 2023.

Setidaknya 20 orang member Genpi yang berasal 5 provinsi di Indonesia terlibat dalam kegiatan Famtrip yang dilaksanakan oleh Provinsi yang memiliki slogan pariwisata Smiling West Java ini. Dalam kegiatan yang akan berlangsung selama 4 hari ini, para peserta kegiatan akan diajak untuk mengunjungi beberapa destinasi yang terletak di Kertajati, Cirebon, Majalengka dan Bandung. Dengan titik kumpul di Stasiun Cirebon.

Adapun tujuan dari dilaksanakannya Famtrip ini yaitu untuk memperkuat kualitas destinasi wisata yang ada di beberapa lokasi yang akan dikunjungi peserta famtrip. Famtrip ini diharapkan dapat menjadi salah satu strategi penguatan destinasi wisata dikarenakan melalui kegiatan ini para peserta dapat menilai bagaimana kualitas destinasi dari sudut pandang sebagai wisatawasan. Dimana nantinya terdapat timbal balik yang bersifat membangun untuk menjadi bahan evaluasi pemerintah dan pengelola destinasi.

- Advertisement -

Destinasi-destinasi wisata yang akan dikunjungi selama kegiatan Famtrip ini adalah Kampung Batik Trusmi, Keraton Kasepuhan, Goa Sunyaragi, Walking Tour Kota Tua dan Kelenteng Dewi Welas Asih, serta menikmati kuliner Nasi Jamblang untuk destinasi di Cirebon. Sedangkan untuk Majalengka, destinasi yang akan dikunjungi adalah Kampung Sabin, Body Rafting Cikadongdong, Ciboer pass dan Curug Cipeteuy. Untuk Kota Bandung, destinasi yang akan dikunjungi adalah D’dieu Land Punclut, Pasar Cipahit, Pasar Kreatif, Gedung Sate dan Mengikuti Bandung Tour on Bus (Bandros).

Terdapat satu destinasi yang menjadi destinasi tambahan untuk dikunjungi selama kegiatan Famtrip, yaitu Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati. Bertepatan dengan kegiatan Jendela Kertajati, Disparbud Jawa Barat selaku pelaksana Famtrip ingin mengetahui bagaimana kemudahan akses dari BIJB Kertajati menuju destinasi destinasi yang ada di sekitar BIJB, salah satunya yaitu daerah Majalengka.

Seperti yang telah diketahui bahwa saat ini BIJB yang merupakan bandara terbesar kedua di Indonesia ini telah mulai beroperasi dan telah melayani beberapa penerbangan domestik dan satu penerbangan Internasional. Sehingga sangat diharapkan agar keberadaan BIJB Kertajati ini mampu menjadi titik strategis penyebaran kunjungan wisatawan di daerah Jawa Barat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Related articles

Keindahan Puncak Gagoan, Objek Wisata di Solok Dengan Pemandangan Menakjubkan

Yuk bagi kalian yang doyan dengan wisata jelajah nan ekstrem, Puncak Gagoan bisa menjadi salah satu wishlist yang...

Pesona Batu Patah Payo, Wisata Kebun Bunga Cantik di Pinggir Kota Solok

Kota kecil di bagian barat pulau sumatera tepatnya di Kota Solok menyimpan banyak keindahan-keindahan yang tersembunyi, keindahan yang...

SPECTRM Bali, Semangat Desa Wisata Penglipuran Untuk Kembangkan Atraksi dan Event

Desa Penglipuran Bali telah memiliki world class reputasi sebagai desa wisata terbersih di dunia. Kunjungan ke Penglipuran terus...

SPECTRM Bali Dukung Pengembangan Atraksi Hutan Bambu Desa Wisata Penglipuran

Desa wisata Penglipuran dikenal sebagai desa wisata terbersih di dunia. Selain itu desa Penglipuran memiliki keunikan dalam tata...