Rangkaian Kegiatan CollaborAction Show dalam Menyambut Solo Experiental Tourism City

Date:

Share post:

Tim CollaborAction Show siap membawa seluruh peserta menyusuri lorong kampung di sekitar Karaton Surakarta.

Pada sesi ketiga (22/06/22) CollaborAction Show! dibuka dengan kegiatan Let’s Practice yaitu pengunjung diajak untuk menyaksikan aktivitas konten wisata yang ditawarkan Kampung Wisata Baluwarti salah satunya adalah Making of Jamu atau proses pembuatan jamu tradisional oleh salah seorang warga yang meneruskan warisan keluarga secara turun temurun dan jamu telah menjadi minuman khas keluarga keraton.


Sebagai kegiatan paling akhir peserta diajak untuk menyusuri kawasan Kampung Wisata Baluwarti dengan berjalan kaki dan bersepeda melalui rute yang disiapkan, salah satu diantaranya adalah berziarah di Makam Ki Ageng Sala sebagai pendiri kota Solo yang berada di sisi timur Karaton Kasunanan Surakarta. Keunikan rute yang dilalui adalah ciri khas kampung yang berada didalam kawasan dalam beteng keraton, gang yang sempit dan saling terhubung, model arsitektur yang cenderung memiliki atap lebih rendah, serta keramahan masyrakat di sepanjang lorong-lorong kampung.
Tema Walking & Bike Tour Kampung Wisata Baluwarti yang paling diminati adalah rumah tinggal prajurit keraton pada masanya serta kediaman keluarga keraton dengan ciri bangsawan. Durasi waktu yang diperlukan untuk aktivitas wisata ini hanya 90 menit namun dapat membawa kita kedalam suasana sejarah masa lampau dengan perpaduan tata ruang kawasan, arsitektur dan kehidupan sosial warganya. ” Sebagian besar lokasi yang dikunjungi, memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi bagian dari Experiential Tourism, diperlukan aktivitas yang dapat memberikan pengalaman lain melalui keterlibatan agar Insight dari kehidupan Karaton Kasunanan Surakarta dapat lebih banyak dirasakan”. ujar Chris Broto founder tripXindo.

Tim CollaborAction Show menerangkan di setiap lorong kampung di Karaton Surakarta

Seluruh rangkaian Kegiatan ditutup di selasar Sasono Mulyo bersama semua pendukung acara termasuk Festival Payung Indonesia yang menyajikan ragam rupa motif payung rajut yang sangat indah dan kontras.

- Advertisement -

Peserta merasa sangat berkesan dengan seluruh aktivitas CollaborAction Show! yang pertama dan berharap kegiatan serula berikutnya tetap memiliki nilai edukasi dengan elaborasi insan-insan kreatif dari berbagai latar belakang.
Nunuk, peserta dari Q Trip Jakarta menyampaikan “Saya baru pertama kali ekplorasi kota Solo, tetapi pengalaman ini sangat mengesankan, hanya perlu keterlibatan pemandu wisata muda yang tetap memahami nilai sejarah dan budaya sebagai narasi utama aktivitas wisata ini”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Related articles

Menparekraf Apresiasi Investasi Pembangunan Amenitas Baru di Sekupang, Batam

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memberikan apresiasi terhadap industri...

Semarakkan Ramadan, GenPI Kota Dumai Gelar Kegiatan Amal

Minggu,31 Maret 2024 - Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Kota Dumai melaksanakan kegiatan berkah di bulan suci ramadan berupa...

Rayakan Ulang Tahun ke-7, Genpi Jateng Gelar Tasyakuran & Buka Puasa Bersama

Semarang, 23 Maret 2024. Generasi Pesona Indonesia Jawa Tengah menggelar kegiatan Tasyakuran dalam memperingati hari jadi Genpi Jateng...

The thrill of white water rafting on the Alas River with Ketambe Adventure | Ketambe Adventure

Ketambe Adventure - Alas River (Lawe Alas) is a river located in Aceh and is the longest river...