SPECTRM, Kolaborasi GenPI dan Kemenparekraf Tingkatkan Kualitas Event dan Atraksi

Date:

Share post:

Generasi Pesona Indonesia (GenPI) berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menginisiasi sebuah program pelatihan peningkatan kualitas sumber daya manusia pengelola desa wisata dan pegiat wisata di lingkar destinasi super prioritas. Bertajuk SPECTRM atau Super Priority Event Creator Camp, kegiatan ini direncanakan akan dilaksanakan di beberapa titik yang masuk dalam kategori destinasi super prioritas serta beberapa destinasi pilihan lainnya.

Destinasi super prioritas Borobudur, menjadi titik pertama pelaksanaan SPECTRM. Bertempat di Desa Bahasa Borobudur, setidaknya 50 orang peserta yang berasal dari perwakilan desa wisata atau organisasi berbeda berkumpul dan akan mengikuti pelatihan selama dua hari pada tanggal 7 & 8 Juni 2024. 

SPECTRM dikhususkan pelaksanaannya untuk meningkatkan kualitas SDM pariwisata dalam bidang manajemen event. Hal ini dilatarbelakangi oleh tingginya kebutuhan dari para pegiat pariwisata atau pengelola desa wisata yang ingin memulai pelaksanaan sebuah event atau ingin meningkatkan kualitas dan manajemen dari event yang sudah ada.

- Advertisement -

Peningkatan kualitas SDM dalam bidang manajemen event ini dipandang Siti Chotijah selaku ketua umum GenPI sebagai sesuatu hal yang penting, karena event atau atraksi yang berkualitas dan berkelanjutan merupakan salah satu kunci dalam mendatangkan wisatawan ke suatu destinasi. Sehingga untuk mendukung kebutuhan tersebut, GenPI akan menghadirkan beberapa ahli dalam bidang manajemen event sebagai narasumber pada kegiatan SPECTRM. 

“Kita percaya bahwa kualitas suatu event atau atraksi merupakan sebuah kunci untuk dapat menarik kunjungan wisatawan, terlebih jika event tersebut dapat dilaksanakan secara berkelanjutan dan memiliki manajemen yang baik”, ungkap ketua umum GenPI yang akrab disapa Mba Jhe.

Adalah Heru Mataya – selaku inisiator salah satu festival yang cukup fenomenal di Indonesia yaitu Festival Payung Indonesia, Rizanto Binol – selaku ahli dalam bidang strategi branding, serta Sahrodin – selaku trainer dan tokoh wisata Borobudur yang dipercaya menjadi narasumber untuk berbagi pengalamannya masing-masing berkaitan dengan manajemen event.

Selama pelaksanaan SPECTRM, para peserta akan mendapatkan bimbingan dan pelatihan secara dua arah dan interaktif dengan ditemani tiga narasumber yang ahli pada bidangnya. Nantinya diharapkan setelah pelaksanaan SPECTRM ini, para peserta bisa menjadi pelopor lahirnya event yang berkelanjutan di desa wisata masing-masing sehingga mampu meningkatkan kuantitas serta kualitas kunjungan yang ada.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Related articles

Keindahan Puncak Gagoan, Objek Wisata di Solok Dengan Pemandangan Menakjubkan

Yuk bagi kalian yang doyan dengan wisata jelajah nan ekstrem, Puncak Gagoan bisa menjadi salah satu wishlist yang...

Pesona Batu Patah Payo, Wisata Kebun Bunga Cantik di Pinggir Kota Solok

Kota kecil di bagian barat pulau sumatera tepatnya di Kota Solok menyimpan banyak keindahan-keindahan yang tersembunyi, keindahan yang...

SPECTRM Bali, Semangat Desa Wisata Penglipuran Untuk Kembangkan Atraksi dan Event

Desa Penglipuran Bali telah memiliki world class reputasi sebagai desa wisata terbersih di dunia. Kunjungan ke Penglipuran terus...

SPECTRM Bali Dukung Pengembangan Atraksi Hutan Bambu Desa Wisata Penglipuran

Desa wisata Penglipuran dikenal sebagai desa wisata terbersih di dunia. Selain itu desa Penglipuran memiliki keunikan dalam tata...