Sulsel Targetkan 5 Ribu Wisatawan dari MotoGP Mandalika

Date:

Share post:

Sulsel Targetkan 5 Ribu Wisatawan dari MotoGP Mandalika
Foto bersama setelah membahas pembentukan tim pembuatan paket wisata, tim lobi maskapai penerbangan, dan tim promosi, di di Kantor Dinas Pariwisata Sulsel, Jumat (14/01/2022). (Foto: Bidang Pemasaran Dispar Sulsel)

Dinas Pariwisata Sulawesi Selatan bersama Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sulsel dan sejumlah pihak terkait melakukan pertemuan membahas travel pattern dalam rangka menyambut gelaran MotoGP Mandalika.

Pertemuan ini menindaklajuti MoU antara BPPD Sulsel dan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC).

Sulawesi Selatan, dalam MoU tersebut, akan turut mempromosikan gelaran internasional MotoGP. Timbal baliknya, Sulsel bisa mempromosikan wisata daerahnya di Mandalika.

- Advertisement -

Pemerintah Provinsi Sulsel menargetkan bisa mendatangkan 5.000 penonton MotoGP Mandalika ke Sulsel.

Berbagai persiapan sudah mulai dilakukan. Seperti menyiapkan penerbangan langsung Makassar – Lombok, dan menyiapkan paket wisata.

Ketua BPPD Sulsel, Andry Arief Bulu menuturkan, bahwa pihaknya telah menyusun travel pattern untuk melakukan langkah-langkah lebih lanjut mengenai promosi wisata Sulsel di Mandalika.

“Kami juga telah membentuk tim kerja atau Task Force yang diberi nama Gaspol Mandalika. Task Force ini diantaranya untuk melakukan pembicaraan-pembicaraan terkait Airlines untuk mengcover penumpang atau pengunjung MotoGP nanti di Mandalika,” kata Andry di Kantor Dinas Pariwisata Sulsel, Jumat (14/01/2022).

- Advertisement -

Dengan joint promotion ini, Andry berharap, destinasi wisata Sulawesi Selatan bisa turut dikenalkan selama acara MotoGP Mandalika.

“Dengan terciptanya kerjasama ini tentu akan menggairahkan industri pariwisata yang ada di Sulawesi Selatan,” Imbuhnya.

Ia juga meminta agar pelaku-pelaku industri pariwisata di Sulawesi Selatan turut berperan aktif membantu promosi wisata MotoGP Mandalika.

“Kami juga berharap kerjasama ini bsia berdampak baik terhadap industri perhotelan di Sulawesi Selatan,” Andry menambahkan.

Dengan semakin ramainya industri perhotelan, kata Andry, akan turut membuka lapangan pekerjaan baru kepada masyarakat di Sulawesi Selatan.

“Semoga (kerja sama ini) dapat bermanfaat bagi pengembangan promosi wisata SulawesiSelatan dan menyukseskan penyelenggaraan agenda MotoGP Mandalika,” pungkasnya.

Sulsel Targetkan 5 Ribu Wisatawan dari MotoGP Mandalika - 2
(Foto: Bidang Pemasaran Dispar Sulsel)

Kepala Dinas Pariwisata Sulsel, Muhammad Jufri menambahkan, pertemuan ini adalah tindak lanjut dari kunjungan Plt Gubernur ke Mandalika, Lombok.

“Saat itu ada kerjasama antara BPPD Sulsel dengan ITDC. Jadi hari ini kamiduduk bersama berdiskusi terkait dengan tindak lanjut yang akan kita lakukan segera setelah kita dari sana,” Ungkap Muhammad Jufri.

“Kami telah membentuk tim kerja untuk membuat paket-paket wisata yang akan dipromosikan di Mandalika. Termasuk berkoordinasi dengan maskapai penerbangan, serta tim untuk promosi.” Ia menjabarkan.

Dirinya pun memberikan apresiasi kepada para pelaku industri pariwisata Sulsel. Turut aktif mendukung langkah ini, karena melihat langsung respon yang dilakukan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

“Kehadiran langsung bapak Plt Gubernur bisa menunjukkan begitu antisipatif dan proaktifnya untuk menjemput bola. Dan dari industri pelaku wisata ini sangat senang,” Ujarnya.

Turut hadir dalam pertemuan ini antara lain; GENPI, ASITA, HPI, PHRI, GIPI, IHGMA, Geopark Maros, ASTINDO, ADWINDO, dan BPPD Maros.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Related articles

SPECTRM Borobudur Series, Dorong Lahirnya Event Berkelanjutan

Super Priority Event Creator Camp (SPECTRM), kegiatan yang merupakan kolaborasi antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dengan...

SPECTRM, Kolaborasi GenPI dan Kemenparekraf Tingkatkan Kualitas Event dan Atraksi

Generasi Pesona Indonesia (GenPI) berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menginisiasi sebuah program pelatihan peningkatan kualitas...

HUT ke-44 Dekranas: Iriana Jokowi Tambil Elegan dengan Kebaya Berhias Benang Tapis

Ibu Negara Iriana Jokowi tampil anggun saat hadir dalam acara Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-44 Dewan Kerajinan...

Menparekraf Apresiasi Investasi Pembangunan Amenitas Baru di Sekupang, Batam

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memberikan apresiasi terhadap industri...