Tour de Borobudur 2022 Suguhkan Tantangan dan Keindahan New Selo

Date:

Share post:

Rute menantang King of Mountain Tour de Borobudur New Selo - @prabowo_wirayudha.jpg
Peserta Tour de Borobudur kategori King of Mountain (KOM) akan menempuh tenjakan menuju New Selo ini. (Foto: IG @prabowo_wirayudha)

Gelaran balap sepeda Tour de Borobudur (TDB) 2022 akan diselenggarakan pada tanggal 5-6 November. Panitia dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah menyiapkan rute menantang bagi para atlit sepeda.

Rute di hari pertama, seluruh peserta akan berangkat dari Stadion Manahan dan finish di De Tjolomadu. Melewati Selo, Ketep Pass, Wisata Kopeng, dan Salatiga.

Peserta akan dilepas pada pukul 05.30 WIB di Stadion Manahan.

- Advertisement -

Baca juga:
* Ikutan Gowes di Tour de Borobudur 2022? Ini Cara Daftar dan Biayanya!

Panitia telah menyiapkan tantangan King of Mountain (KOM) dan Queen of Mountain (QOM). Untuk rute tantangan ini akan dimulai dari Patung Lembu Sora.

Peserta hobi KOM dan QOM akan menempuh jarak 21,31 kilometer. Dengan total elevasi 1.223, akan finish di Simpang Selo.

Khusus untuk peserta KOM Elite ada tambahan rute. Yaitu dari Simpang Selo berbelok menuju New Selo. KOM akan menempuh total jarak 23,22 KM dengan total elevasi 1.460.

- Advertisement -

Ketua Pelaksana TDB Hendra Dharmanto mengatakan, dari Boyolali peserta akan menempuh jalan menanjak ke Selo.

Di New Selo inilah, Hendra menjelaskan, peserta akan melewati rute menanjak.

“Jadi buat para atlet yang ikutan akan ada tambahan jalur sekian ratus meter ke titik finis di New Selo. Itu tanjakannya sangat mematikan. Makanya yang ikut ke New Selo khusus atlet saja,” Kata Hendra di Semarang, Rabu (28/9/2022) lalu.

Dalam kesempatan terpisah, Ketua Umum Genpi Nasional Siti Chotijah mengatakan, ada banyak cara menikmati keindahan Jawa Tengah, khususnya wisata lereng Gunung Merapi yang ada di Selo. Salah satunya adalah dengan evet sepeda Tour de Borobudur.

“Tour de Borobudur akan menjadi ajang promosi wisata New Selo. Selain berolahraga dan berlomba, peserta akan dapat menikmati keindahan bentangan alam di rute yang dilewatinya.” Kata wanita yang akrab disapa Mbak Jhe ini.

“Meskipun hanya peseta King of Mountain saja yang menuju New Selo, tapi jangan remehkan kekuatan media online dan media sosial yang mewartakannya,” Katanya.

Mbak Jhe memaparkan, di Google Map sudah ada hampir 3.000 ulasan New Selo. Sedangkan di instagram ada lebih dari 24.000 unggahan.

Baca juga:
* Kemeriahan Solo Batik Carnival 2022

“Apalagi Gubernur Jawa Tengah, pak Ganjar Pranowo, mengajak masyarakat untuk terlibat dalam gelaran ini.” imbuh Mbak Jhe.

“Pak Ganjar berharap kita semua ikut mempromosikan Tour de Borobudur 2022. Termasuk semua wisata yang dilewati oleh rutenya. Semoga harapan beliau TDB bisa naik kelas menjadi lebih besar bisa tercapai.” Pungkas Mbak Jhe.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Related articles

Dukung Program Kemenparekraf, Gubernur Ganjar Serukan “Ayo Piknik Dalam Negeri”

JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyerukan "Ayo Piknik Dalam Negeri" usai menjadi pembicara Launching 100 Pekat...

Promosikan Wastra dan Kreator Design Jawa Timur, East Java Fashion Harmony Kembali Digelar

East Jafa Fashion Harmony (EJFH) merupakan sebuah program apresiasi dan publikasi WASTRA JAWA TIMUR melalui tampilan fashion modern...

Resmi Dilantik Bupati, Genpi Merauke Siap Populerkan Wisata Papua Selatan

Generasi Pesona Indonesia ( Genpi) Merauke telah resmi dideklarasikan pada Senin 28 November 2022. Bupati Merauke Romanus Mbaraka...

Dongkrak Promosi Pariwisata, Maluku Utara Launching Festival Moloku Kie Raha

Festival Moloku Kie Raha merupakan Event Dinas Pariwisata & Ekonomi Kreatif Provinsi Maluku Utara yang di rancang pada...