Ultah ke-7, Ternate Jeep Community Ajak Difabel Offroad di Batu Angus

Date:

Share post:

7th Anniversary Celebration Ternate Jeep Community 1
(Foto: Fuad At/GenPI Maluku Utara)

Ternate Jeep Community, sebuah klub berisi penggemar mobil jeep, merayakan ulang tahunnya yang ke-7 pada Sabtu (26/02/2022) kemarin. Di usianya yang semakin dewasa, komunitas ini merayakan kembiraannya dengan cara sedikit berbeda.

Kali ini Ternate Jeep Community mengajak komunitas difabel (different ability people atau diferently abled people) melahap rute menantang di kawasan lava garden Batu Angus Ternate.

Sekretaris Ternate Jeep Community Dewa Wahyu, mengatakan ulang tahun ketujuh Ternate Jeep Community ini dilaksanakan dengan konsep edukatif.

- Advertisement -

Baca juga:
* Kapal Tol Laut Resmi Beroperasi di Pelabuhan Malbufa Kepulauan Sula

“Menjajal medan Offroad dengan nae oto jeep itu sudah biasa. Tapi Baronda deng oto jeep dengan sodara-sodara difabel itu sangat luar biasa.” Ujar Dewa.

Rute yang dijelajahi, Dewa menerangkan, yaitu Batu Angus, Sulamadaha dan Tolire Tareba. Lalu berakhir di Landmark Kota Ternate.

“Dalam kegiatan ini, Ternate Jeep Community juga melibatkan komunitas kolaborasi. Yaitu Himpunan Paramuwisata Indonesia Maluku Utara dan Generasi Pesona Indonesia Maluku Utara,” imbuh Dewa.

- Advertisement -
7th Anniversary Celebration Ternate Jeep Community 2
(Foto: Fuad At/GenPI Maluku Utara)

Nurjana, peserta difabel yang turut serta, mengatakan semua manusia punya hak akan penghidupan.

“Semua warga kota ini punya hak menikmati kemajuan pembangunan kota ini.” Kata Nurjana.

“Termasuk tempat-tempat wisata di kota ini, kami juga mau menikmatinya.” imbuhnya.

Ketua Ikatan Keluarga Disabilitas Makugawene (IKDM) Kota Ternate Risal Asor mengatakan, kawasan landmark yang merupakan salah satu Public Space di kota Ternate, sajauh ini belum memberikan akses bagi penyandang difabel.

Karena prasarana pendukung berupa ramp (akses untuk pengguna kursi roda) belum tersedia.

“Sehingga peruntukan public space ini kesannya belum ramah dan belum memihak kelompok yang berkempuan dengan cara yang lain.” Ujar Risal.

Baca juga:
* Tingkatkan Daya Saing, GenPI Jalin MoU dengan AELI

Risal berharap kedepannya pemerintah dapat menyediakan akses bagi difabel agar bisa menikmati pembangunan di Kota Ternate secara berkeadilan.

“Mari jadikan kota ini kota yang maju dengan memberikan kesempatan kepada difabel untuk relatif lebih merdeka dan bisa mandiri. Mari Jadikan kota kecil ini sebagai kota yang ramah terhadap difabel.” Ajaknya.

SourceFuad At

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Related articles

Keindahan Puncak Gagoan, Objek Wisata di Solok Dengan Pemandangan Menakjubkan

Yuk bagi kalian yang doyan dengan wisata jelajah nan ekstrem, Puncak Gagoan bisa menjadi salah satu wishlist yang...

Pesona Batu Patah Payo, Wisata Kebun Bunga Cantik di Pinggir Kota Solok

Kota kecil di bagian barat pulau sumatera tepatnya di Kota Solok menyimpan banyak keindahan-keindahan yang tersembunyi, keindahan yang...

SPECTRM Bali, Semangat Desa Wisata Penglipuran Untuk Kembangkan Atraksi dan Event

Desa Penglipuran Bali telah memiliki world class reputasi sebagai desa wisata terbersih di dunia. Kunjungan ke Penglipuran terus...

SPECTRM Bali Dukung Pengembangan Atraksi Hutan Bambu Desa Wisata Penglipuran

Desa wisata Penglipuran dikenal sebagai desa wisata terbersih di dunia. Selain itu desa Penglipuran memiliki keunikan dalam tata...