Untuk Ketiga Kalinya, World Superbike Kembali Digelar Di Sirkuit Mandalika

Date:

Share post:

Tahun ini, Indonesia kembali dipercaya menjadi tuan rumah ajang balap motor kelas dunia, World Superbike 2023 (WSBK 2023). Sama seperti tahun lalu, World Superbike 2023 bakal digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit, atau Sirkuit Mandalika pada 3-5 Maret 2023.

Sekadar informasi, Sirkuit Mandalika merupakan sirkuit balap kelas dunia yang terletak di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika di Desa Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Dengan panjang 4,31 km, Sirkuit Mandalika memiliki total 17 tikungan yang siap ditaklukan oleh pembalap dunia dalam ajang perlombaan World Superbike 2023. 

Dipercaya untuk ketiga kalinya menjadi tuan rumah World Superbike tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi Indonesia. Terlebih lagi, ajang WSBK Mandalika tidak hanya sekadar event balapan motor, melainkan juga menjadi awal pertumbuhan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Mandalika. 

- Advertisement -

Pasalnya, event balap motor kelas dunia ini akan memberikan multiplier effect bagi masyarakat di sekitar Mandalika. Baik itu ekosistem pariwisata yang menjadi lebih hidup, penyerapan tenaga kerja yang semakin besar dan luas, serta pelibatan pelaku ekonomi kreatif yang terus meningkat. 

Bahkan, diselenggarakannya World Superbike 2023 juga diharapkan membantu perputaran ekonomi pada sektor pariwisata di Mandalika tumbuh dengan baik. Hal ini terlihat dari peningkatan akomodasi hotel, serta omzet pelaku pariwisata yang terus mengalami peningkatan.

Persiapan Event World Superbike di Mandalika

Meski masih bulan depan, persiapan WSBK Mandalika terus dioptimalkan. Termasuk salah satunya adalah menciptakan ketertiban pedagang kaki lima di sekitar kawasan Sirkuit Mandalika, agar tidak mengganggu rangkaian event World Superbike 2023.

- Advertisement -

Persiapan WSBK Mandalika juga bisa dilihat dari kesiapan jalur lintasan yang akan digunakan. Mulai dari melakukan track day setiap minggu, melakukan perbaikan sirkuit, hingga pengecekan rutin terhadap 17 tikungan ekstrim yang ada pada Sirkuit Mandalika.

Para panitia pun rutin melakukan pengecekan fasilitas di sirkuit, seperti timing system, sistem pencahayaan, dan race control yang akan digunakan. Bahkan, apabila ada komponen fasilitas yang rusak akan segera diperbaiki atau diganti dengan yang baru. 

Di sisi lain, rencana diadakannya banyak side event turut menjadi salah satu persiapan yang dilakukan dalam menyambut WSBK Mandalika. Salah satu side event yang akan dilaksanakan dalam menyambut WSBK Mandalika adalah Festival Bau Nyale. 

Daya Tarik World Superbike 2023

Meski ini adalah ketiga kalinya World Superbike diselenggarakan di Indonesia. Namun, tetap saja ada keunikan dan daya tarik yang ditawarkan dari event balap motor kelas dunia satu ini.

Satu perbedaan yang paling terlihat pada ajang WSBK Mandalika 2023 dibandingkan tahun sebelumnya adalah jumlah marshal (panitia) asing yang bergabung. Jika pada 2022 ada 11 marshal asing, pagelaran World Superbike 2023 hanya terdapat satu marshal asing, alias 99% dilakukan oleh orang Indonesia.

Selain itu, perbedaan World Superbike 2023 dengan tahun-tahun sebelumnya adalah jumlah penonton yang ditargetkan hadir. Jika World Superbike 2022 dihadiri 51.629 penonton, World Superbike 2023 ditargetkan dihadari 70.000 penonton.

Bukan hal yang mustahil, mengingat World Superbike 2023 sangat dinantikan oleh pecinta olahraga kendaraan bermotor. Apalagi, tiket VIP Premiere Class WSBK Mandalika yang mulai dijual 12 Januari lalu sudah ludes terjual.

Diharapkan, tingginya antusiasme masyarakat lokal dan wisatawan mancanegara dalam ajang World Superbike 2023 dapat mendongkrak citra pariwisata Indonesia, sekaligus membuka peluang usaha di sekitar Mandalika. Sehingga, ke depannya dapat meningkatkan nilai ekonomi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Nusa Tenggara Barat, khususnya Mandalika.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Related articles

Cara Menabung di Bank Digital untuk Dana Traveling

Menabung untuk traveling adalah salah satu langkah penting dalam perencanaan perjalanan yang sukses. Menabung terlebih dahulu untuk biaya perjalanan...

Menparekraf Mendukung Kesuksesan Global Game Jam Indonesia dengan 126 Karya Game Digital

Jakarta, 29 Januari 2024 - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin...

Seabourn Encore Kembali Bersandar di Pelabuhan CT-3 BPKSAntusias Pelaku Wisata Semakin menggeliat di Kawasan Sabang

Kapal pesiar mewah dengan panjang 179.76 meter tersebut kembali singgah di Pelabuhan CT-3 BPKS. Seabourn Encore yang dinakhodai...

Awal Desember 2023 Azamara Journey Hadir di Kawasan Sabang

Sabang | Hingga 2 Desember 2023 tercatat sudah 6 Kapal Pesiar sudah menyinggahi Kota Sabang yakni MS. Coral...